Pengertian Sosiolinguistik Menurut Ahli dan Ruang Lingkupnya

Sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari ciri dari berbagai variasi bahasa, serta hubungan di antara para bahawasawan dengan variasi bahasa

Sosiolinguistik merupakan salah satu bagian dari kajian interdisipliner bahasa, dimana bahasa sebagai bidang kajian yang luas ditautkan dengan fenomena kemasyarakatan sebagai pengguna bahasa.

Kajian interdispliner tersebut tergambar jelas dari namanya yakni sosiolinguistik, yang menggabungkan dua bidang kajian antara sosiologi dengan linguistik.

Pengertian Sosiolinguistik Menurut Ahli
Pengertian Sosiolinguistik Menurut Ahli dan Ruang Lingkupnya

Sosiologi merupakan bidang kajian mengenai manusia di dalam masyarakat, lembaga-lembaga dan proses sosial, Sosiologi berusaha mengetahui bagaimana masyarakat itu terjadi, berlangsung dan tetap ada.

Dengan mempelajari lembaga-lembaga, proses sosial dan segala masalah sosial di dalam masyarakat, akan diketahui cara-cara manusia menyesuaikan diri dengan lingkungannya, bagaimana mereka bersosialisasi, dan menempatkan diri di dalam temapatnya masing-masing di dalam masyarakat.

Sementara linguistik adalah bidang kajian yang mempelejari mengenai seluk-beluk bahasa, atau yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sosiolinguitik adalah bidang ilmu antar disipliner yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu dalam masyarakat.

Bertaut dengan pernyataan di atas Sumarsono (2014: 2) mengemukakan bahwa sosiolinguistik adalah kajian tentang bahasa yang dikaitkan dengan kondisi kemasyarakatan.

Sejalan dengan hal tersebut Hallday sebagaimana dikutip dalam Sumarsono (2014: 2) juga menyebutkan bahwa sosiolinguistik sebagai linguistik institusional yang arah kajiannya berkaitan dengan pertautan bahasa dengan orang-orang pemakai bahasa itu sendiri.

Harimurti Kridalaksana

Sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari ciri dari berbagai variasi bahasa, serta hubungan di antara para bahawasawan dengan variasi bahasa tersebut di dalam suatu masyarakat (1978: 94).

Djoko Kentjono

Sosiolinguistik adalah ilmu yang menyelidiki hubungan antara bahasa dan masyarakat; ilmu gabungan sosiologi dengan linguistik (1990: 14).

Fishman

Fishman (1971 dalam Alwasilah 2008, hlm. 56) menyatakan bahwa sosiolinguistic is a study of who speak what language to whom and when, yang berarti sosiolinguistik adalah studi tentang siapa yang berbicara, bahasa apa yang digunakan, serta kepada siapa dan kapan ia berbicara.

Dapat dikatakan pula bahwa sosiolinguistik adalah ilmu yang secara khusus mempelajari masalah hubungan antar bahasa dan kaitannya dengan masyarakat.

Chaer dan Agustina

Sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisipliner yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu dalam masyarakat (Chaer dan Agustina 2014, hlm. 2).

Teori sosiolinguistik:

Teori sosiolinguistik umumnya berupaya menjelaskan hubungan bahasa dengan aspek-aspek sosial khususnya hubungan bahasa dengan perombahannya, dan bahasa dengan ragam yang digunakan (Bell, 1980).

Dalam kaitannya dengan ragam, terdapat korelasi antara tinggi-rendahnya stratasosial penutur dengan ragam pemakaiannya.

Biasanya, makin tinggi status sosialnya, makin apik tataragam yang digunakannya. Apik disini berarti bahwa penutur yang bersangkutan cenderung lebih komunikatif, lebih diterima pendengarnya, lebih serasi dengan aspek-aspek sosio-budaya serta lebih halus dalam tata laku bertuturnya.

Demikian juga dengan pemilihan ragam, biasanya mereka yang tinggi kepedulian-sosialnya cenderung menggunakan ragam yang lebih serasi dengan pendengarnya.

Ruang Lingkup Kajian Sosiolinguistik

Kemudian, Chaer (2010 : 5) menyatakan ada tujuh dimensi dalam perhatian sosiolinguistik, yaitu

  1. Identitas sosial penutur
  2. Identitas sosial dari pendengar yang terlibat dalam proses komunikasi,
  3. Lingkungan sosial tempat peristiwa tutur terjadi,
  4. Analisis sinkronik dan diakronik dari dialek-dialek sosial,
  5. Penilaian sosial yang berbeda oleh penutur akan perilaku bentuk-bentuk ujaran,
  6. Tingkat variasi dan ragam linguistik, dan
  7. Penerapan praktis dari penelitian sosiolinguistik.

Adapun menurut pendapat lain, dapat kita ketahui bahwa ruang lingkup sosiolinguistik meliputi:

Sosiolinguistik adalah studi tentang hubungan antara bahasa dan masyarakat. Ruang lingkup kajian sosiolinguistik meliputi:

1. Variasi Bahasa: Sosiolinguistik mempelajari variasi dalam bahasa, seperti dialek, aksen, dan gaya bahasa. Variasi bahasa ini terjadi karena faktor-faktor sosial seperti usia, jenis kelamin, kelas sosial, dan konteks sosial.

2. Perubahan Bahasa: Sosiolinguistik juga mempelajari perubahan dalam bahasa, termasuk perubahan dalam penggunaan kata-kata, tata bahasa, dan pengucapan. Perubahan bahasa ini dapat terjadi karena pengaruh faktor sosial dan sejarah.

3. Bahasa dan Identitas: Sosiolinguistik mempelajari hubungan antara bahasa dan identitas sosial, termasuk identitas etnis, agama, dan gender. Bahasa dapat digunakan sebagai tanda pengenal yang kuat dari identitas sosial seseorang.

4. Bahasa dan Kekuasaan: Sosiolinguistik mempelajari hubungan antara bahasa dan kekuasaan, termasuk pengaruh bahasa terhadap hak asasi manusia dan diskriminasi bahasa. Bahasa juga dapatdigunakan sebagai alat untuk memperkuat atau meruntuhkan kekuasaan dalam suatu masyarakat.

5. Bahasa dan Pendidikan: Sosiolinguistik mempelajari hubungan antara bahasa dan pendidikan, termasuk pengaruh bahasa terhadap proses pembelajaran dan pengajaran. Bahasa juga dapat mempengaruhi akses dan kesempatan dalam pendidikan.

6. Bahasa dan Media: Sosiolinguistik mempelajari cara-cara di mana bahasa digunakan dalam media massa, termasuk media sosial, dan bagaimana pengaruhnya pada masyarakat.

7. Bahasa dan Budaya: Sosiolinguistik mempelajari bahasa sebagai aspek budaya, termasuk bagaimana bahasa digunakan dalam praktik dan ritual budaya.

8. Bahasa dan Globalisasi: Sosiolinguistik mempelajari bagaimana globalisasi mempengaruhi penggunaan bahasa dan variasi bahasa di seluruh dunia.

Demikian pembahasan mengenai definisi soiolinguistik menurut para ahli dan ruang lingkup kajiannya, semoga dapat menjawab keingintahuan anda, bila ada hal yang kurang jelas, mari diskusikan bersama melalui kolom komentar, atau bisa menghubungi admin dengan mengakses halaman kontak.
Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]