UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

99+ Definisi Bahasa Menurut Para Ahli, Disertai Daftar Pustaka

Definisi Bahasa Menurut Para Ahli
Bahasa merupakan suatu hal yang sangat penting dan tentu saja digunakan dalam proses komunikasi antar manusia. Jumlah seluruh bahasa yang ada di alam semesta ini diperkirakan mencapai 6000-7000 jenis. Bahasa manusia unik karena memiliki sifat-sifat produktivitas, rekursif, dan pergeseran, dan karena secara keseluruhan bahasa manusia bergantung pula pada konvensi serta edukasi sosial.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Bahasa, sobat tweet juga harus mengetahui beberapa definisi bahasa, menurut para ahli.

1. Pendapat Finocchiaro yang dikutip dalam buku Bahasa dan Linguistik : Bahasa adalah satu sistem simbol vokal yang manasuka yang memungkinkan semua orang daam satu kebudayaan tertentu atau orang lain yang telah mempelajari sistem kebudayaan tersebut untuk berkomunikasi atau berinteraksi (Finocchiaro, 1974:3)

2. Bahasa adalah satu alat yang sistematik untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, isyarat-isyarat atau ciri-ciri yang konvensional dan memiliki arti yang dimengerti (Webster News Collegiate Dictionary, 1981:641)

3. Sukirman Nurdjan dan Firman dalam buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi Mendifinisikan : Bahasa merupakan sarana berpikir , baik untuk menyampaikan pesan kepada orang lain ataupun menerima pesan dari orang lain.

4. Pendapat Nababan yang dimuat dalam Jurnal "Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan" mendifinisikan : Bahasa adalah satu ciri yang paling khas manusiawi yang membedakannya dari makhluk-makhluk lain.

5. Pendapat Syamsuddin (1986:2) yang dimuat dalam Jurnal "Bahasa Sebagai Cermin Kehidupan" mendifinisikan Bahasa memiliki 2 arti :
  • Bahasa ialah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran, serta perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi serta dipengaruhi.
  • Bahasa ialah tanda yang jelas, dari kepribadian yang baik, ataupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga, serta bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.
6. Badudu dalam buku berjudul inilah bahasa indonesia yang benar III (1989:3) : Mengatakan bahwa bahasa adalah alat penghubung dan alat komunikasi anggota masyarakat, yaitu individu-individu sebagai manusia yang berpikir, merasa dan berkeinginan. Pikiran, perasaan, dan keinginan baru terwujud bila dinyatakan, dan alat yang menyatakan itu adalah bahasa.

7. Keraf dalam buku yang berjudul Tata Bahasa Indonesia (1984:16) : Mengatakan bahwa bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat, berupa lambang bunyi suara,  yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
8. Pendapat De Vito (1970:7) yang dimuat di dalam buku Percikan Linguistik mendefinisikan : Bahasa adalah sistem dari simbol simbol yang secara potensial mengacu kepada dirinya, dan terstruktur yang mendata benda-benda, kejadian-kejadian dan hubungan-hubungan di alam dunia.

9. Pernyataan Chomsky (1957:13) yang dimuat di dalam buku Percikan Linguistik mendefinisikan : Seperangkat kalimat terbatas atau tidak terbatas, masing-masing terbatas panjangnya dan tersusun dari seperangkat unsur-unsur yang terbatas.

10. Sapir dalam bukunya yang berjudul Language an Introduction to The Study of Speech mendefinisikan : "Language is purely human and noninstinctive method of comunicating ideas, emotions and desires by means of a system of voluntarily produced symbol. (Bahasa adalah metode atau alat penyampaian ide, perasaan dan keinginan yang sungguh manusiawi dan noninstingtif dengan mempergunakan sistem simbol-simbol yang dihasilkan dengan sengaja dan sukarela.)

11. Pendapat Pei & Gaynor yang dimuat dalam Jurnal "Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan" Mendifinisikan : Bahasa sebagai satu sistem komunikasi dengan bunyi, yaitu lewat alat atau ujaran dan pendengaran antara orang orang dari kelompok atau masyarakat tertentu dengan mempergunakan simbol simbol vokal yang mempunyai arti artbitrer dan konvensional.

12. Trager dalam buku yang berjudul The Field of Linguistics (1949:18) : Mengatakan bahwa bahasa adalah sistem simbol-simbol bunyi ujaran yang arbitrer yang digunakan oleh anggota masyarakat sebagai alat berinteraksi sesuai dengan keseluruhan pola budaya mereka.

13. Wardhaugh dalam buku yang berjudul An Introduction to Linguistics (1977:3) : Mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi suara yang arbitrer, yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia.

14. Saussure dalam buku yang berjudul Course im General Linguistics (1966:16) : Mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda, mengekspresikan ide-ide dan oleh karena itu dapat dibandingkan dengan sist tulisan, alfabet orang orang bisu-tuli, upacara-upacara simbolis, formula-formula yang bersifat sopan, isyarat-isyarat dan sebagainya. Akan tetapi, bahasa adalah sistem tanda yang paling penting dari semua sistem tanda itu.

15. Barber dalam buku yang berjudul The Story Of Language (1964:21) : Menegaskan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda yang berhubungan dengan lambang bunyi-bunyi suara dan digunakan oleh suatu kelompok masyarakat untuk berkomunikasi dan bekerja sama.

16. Bolinger dalam buku yang berjudul Aspect of Language (1975:15) : Mengatakan bahwa bahasa adalah sistem komunikasi yang berhubungan dengan suara dan pendengaran, yang berinteraksi dengan pengalaman-pengalaman pemakainya, yang menggunakan tanda-tanda yang konvensional berupa unit-unit pola bunyi yang arbitrer dan dipergunakan seduai dengan aturan-aturan tertentu.

17. Pendapat Tarigan (1989:4) yang dimuat dalam buku Percikan Linguistik Mennyatakan ada dua definisi bahasa, Pertama bahasa ialah suatu sistem yang sistematis, barangkali juga sistem generatif. Kedua, bahasa ialah seperangkat lambang manasuka ataupun simbol simbol artbitrer.

18. Pendapat Ilmuwan Arab Ibnu Khaldun (1887) yang dimuat dalam buku Pengantar Psikolinguistik mendefinisikan bahasa adalah kemampuan lidah untuk menyatakan makna.

19. Bahasa telah di definisikan oleh Syirazi (1330 H) dalam kamus Al Muhith yang dimuat dalam buku Pengantar Psikolinguistik menerangkan bahwa bahasa adalah bunyi bunyi ang diungkapkan oleh setiap kaum (bangsa) untuk menyatakan tujuan.

20. Pernyataan Thorndike (Mowrer, 1960) yang dimuat dalam buku Pengantar Psikolinguistik berpendapat bahwa bahasa merupakan kreasi terbesar yang dilakukan orang; bahasa adalah sarana sosial lainnya, seperti yayasan, sekolah, dan lain sebagainya.

21. Sapir dalam buku yang berjudul "Language" (1921:8) mengatakan bahwa bahasa adalah metode atau alat penyapai ide,perasaan,keinginan yang sungguh manusiawi dan noninstingtif dengan menggunakan sistem simbol simbol yang dihasilkan dengan sengaja dan sukarela.

22. Saussure dalam buku yang berjudul "Course in General Linguistics" (1966:16) mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda mengeskpresikan ide ide dan oleh karena itu dapat dibandingkan dengan sistem tulisan, alfabet orang orang yang bisu-tuli, upacara-upacara simbolis, formula-formula yang bersifat sopan, isyarat-isyarat, dan sebagainya. Akan tetapi bahasa adalah sistem tanda yang paling penting dari semua sistem tanda itu.

23. A set (finite of infinite) of sentences, each finite in lenght and constructed out of a finite set of elements ( Seperangkat kalimat (terbatas atau tidak terbatas) masing-masing terbatas panjangnya dan tersusun dari seperangkat unsur-unsur yang terbatas). Chomsky,1957:13.

24. Language is potentially self-reflexive, structured system of symbols which catalog the objects, events, and relations in the world ( bahasa adalah sistem dari simbol-simbol yang secara potensial mengacu kepada dirinya, dan terstruktur yang mendata benda-benda, kejadian-kejadian, dan hubungan-hubungan dialam dunia). De Vito 1970:7.

25. Bahasa adalah system lambing yang di pakai orang untuk melahirkan pikiran atau perasaan (Kamus umum bahasa Indonesia, hal 75 ) ( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan  bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

26. Bahasa adalah suara atau bunyi yang di guanakan oleh setiap bangsa untuk mengungkapkan atau meng ekspresikan maksud tujuan mereka.(Kamus Al-Muht,hal 386 ) ( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

27. Bahasa adalah ungkapan seseorang pembicara akan maksud-maksudnya.(Ibnu Khaldun, hal 546,1986) ( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004) 

28. Bahasa adalahkata-kata yang digunakan untuk arti-arti. (Mu’jum Al-Wasit,hal 837 ) ( Drs.Abd.Muin,  M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

29. Bahasa adalah kata kata yang digunakan yang digunakan oelh sekelompok kaum untuk mengungkapkan maksud-maksudnya. (Al-Galayain,hal 7) ( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis  kontrastif  Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

30. Bahasa di definisikan sebagai system lambing bunyi arbitrer yang digunakan oleh suatu masyarakat sosial untuk saling berkomunikasi,bekerja sama , dan mengidentifikasikan diri. ( Drs.Suhardi, M.pd. : Pengantar liguistik umum : Ar-Ruzz Media 2013 ).

31. Bahasa adalah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama. ( Bloch dan Trager,1942 )( Rochayah Machali : PT Grasindo 2000)

32. Bahasa adalah sebuah system berstuktur mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang  sifatnya manasuka, yang digunakan atau yang dapa digunakan dalam komunikasi antara individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda benda, peristiwa-peristiwa dan proses proses dalam lingkungan hidup manusia. ( Carrol, 1959) (Rochayah Machali : PT Grasindo 2000 )

33. Bahasa dalah alat komunikasi antar orang seorang dan bangsa bangsa .( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

34. Bahasa adalah alat untuk menyatakan perasaan,harapan,keinginan dan fikirannya. (Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

35. Bahasa adalah alat berfikir gagasan setelah di tuangkan kata kata dan kalimat kalimat, yang diucapkan atau dicatat dengan simbol simbol ( tulisan ), baru mempunyai bentuk yang ada wujudnya.(Drs.Abd.Muin, M.A :  Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : PT Pustaka Al Husna Baru 2004)

36. Bahasa adalah alat untuk meyakinkan kepada orang lain akan adanya informasi, baik lisan maupun tulisan. ( Drs.Abd.Muin, M.A : Analisis kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia : P T Pustaka Al Husna Baru 2004)

37. Bahasa merupakan alat pengikat kegiatan perasaan manusia dengan baik. (Robert Lado,1979). (Tim Dosen MKU Bahasa Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

38. Bahasa adalah sistem komunikasi manusia yang memiliki susunan bunyi yang berstruktur untuk membentuk unit unit yang lebih besar. (Jack Richards Dan Kawa kawan,1985). (Tim Dosen MKU Bahasa Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

39. Bahasa didefinisikan sebagai satu sistem komuniksai dengan bunyi,beroperasi melalui alat ujar dan pendengaran antara anggota masyarakat tertentu dan menggunakan symbol vokal yang memiliki makna konvensional manasuka . (Mario Pei,1980). (Tim Dosen MKU Bahasa Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

40. Bahasa diartikan sebagai salah satu alat yang sistematis untuk menyampaikan gagasan atau peraasan dengan menggunakan tanda tanda, bunyi bunyi,isyarat isyarat atau ciri-ciri yang memiliki makna yang di mengeri secara konvensional . (Collegiate Dictionary, 1981). (Tim Dosen MKU Bahasa Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

41. Bahasa adalah satu sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang dalam satu budaya tertentu , atau orang lain yang mempelajari sistem budaya tersebut berkomunikasi atau berinteraksi. (Tim Dosen MKU Bahasa Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Nah itulah beberapa Definisi Bahasa Menurut para ahli serta beberapa orang yang berkompeten di bidang ilmu kebahasaan.

Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait artikel ini serta Sumber atau Daftar Pustaka yang lebih terperinci, Sobat Tweet bisa menghubungi Penulis dengan mengunjungi halaman Kontak, ataupun Klik Tautan Dibawah ini :

Lihat Sumber/Daftar Pustaka

Related Posts
Lebih baru Terlama
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

3 komentar

  1. Sangat membantu sekali, Thanks bro!!!

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak, sangat membantu sekali untuk tugas aku ini hehe 😆

    BalasHapus
Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih