Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Plugged In, Not Charging

Tweetilmu.web.id – Beberapa tahun lalu hal aneh terjadi pada laptop saya, tentu saya sebut aneh karena sebelumnya tidak pernah terjadi, yakni kondisi dimana laptop dalam status Charging (terhubung dengan listrik) akan tetapi indikator laptop menunjukan status Plugged in, Not Charging (terhubung charger tapi tidak mengisi daya), waktu itu saya bingung harus bagaimana, dan usut punya usut ternyata ada suatu hal yang menjadi penyebab mengapa proses charging laptop saya tidak beres.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Plugged In, Not Charging.

Penyebab Masalah Laptop Plugged in, Not Charging dan cara mengatasinya

1. Kabel charger tidak terpasang dengan benar. Sebelum berfikir terlalu jauh, alangkah lebih baik kita mengecek, apakah charger telah terpasang dengan benar ke laptop atau belum. Pastikan pula adapter charger tersambung dengan kabel sambungannya.

2. Pastikan kabel charger tidak terlilit. Poin selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah memastikan bahwa arus listrik tidak terhambat sebab kabel charger yang terlalu kusut ataupun terlilit

3. Adaptor charger overheat. hal yang selanjutnya menjadi perhatian adalah, barangkali adaptor charger kalian teramat panas, sehingga berpotensi mengakibatkan kerusakan pada charger itu sendiri, dan dikhawatirkan juga bisa menjalar ke kesehatan baterai laptop kalian. Perlu diingat pula, hindari menaruh adapter di tempat yang krusial, seperti kasur, juga tempat-tempat yang lembab.

4. Periksa konektor, tegangan dan arus pada charger. Poin keempat ini adalah penyebab yang paling sering menjadi indikator proses pengisian daya laptop yang tidak optimal, yakni tegangan, juga arus dan hal lainnya tidak sesuai dengan spesifikasi laptop dan beterainya. Buat teman-teman yang membeli laptop second, paling pastikan bahwa charger yang diberikan memiliki tegangan yang sama dengan maksimal daya yang dibutuhkan oleh laptop, karena hal ini juga menyangkut dengan kesehatan baterai laptop kalian kedepannya.

5. Komputer atau Laptop kalian terinfeksi virus. Hal yang juga mungkin terjadi ialah adanya malware yang mencoba untuk mengacaukan sistem komputer anda, yang menyerang melalui driver baterai pada Windows, sehingga perlu langkah penanganan dengan menginstall ulang driver API baterai laptop pada Windows. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

(+) Hal yang pertama harus dilakukan ialah melepaskan charger laptop dari sumber listrik, lalu shutdown laptop kalian.

(+) Kemudian cabut baterai yang terpasang pada laptop kalian, (langkah ini opsional), kemudian pasang kembali charger pada laptop yang dalam keadaan baterai tidak terpasang. Hidupkan kembali laptop kalian. Jika baterai tidak bisa dilepas maka langkah pertama tadi diubah menjadi restart bukan shutdown.

(+) Setelah proses booting selesai dan telah masuk Windows, kalian cari menu Device Manager. Caranya: klik “Start” (logo windows pada keyboard) > ketikan dan pilih Device Manager.

(+) Pada jendela Device Manager, Anda akan dihadapkan dengan beberapa kategori driver. Inilah yang dilakukan selanjutnya: Pilih kategori Batteries > Klik kanan pada Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery > Pilih Uninstall > Kemudian Restart laptop kalian.

(+) Setelah proses booting selesai dan kembali masuk Windows, kalian masuk kembali ke Device Manager, dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya.

(+) Pada jendela Device Manager, klik kanan pada kategori Batteries. Lalu akan muncul beberapa pilihan. selanjutnya, kalian pilih “Scan for Hardware Changes.” Biarkan sistem mendownload driver dan memperbaiki driver baterai laptop Anda.

(+) Setelah selesai, laptop Anda akan otomatis me-restart, bila tidak silakan restart secara manual. Ketika hidup kembali, coba kalian cek status pengisian pada baterai laptop kalian. Jika sudah kembali normal, itu artinya kalian telah berhasil mengatasi masalah baterai laptop.

Demikianlah sekelumit pengalaman juga tips yang bisa saya bagikan, bila ada hal-hal yang kurang jelas, mari kita diskusikan melalui kolom komentar, ataupun dengan mengakses halaman narahubung yang terdapat di menu. Terima kasih.

Naufal Al Rafsanjani
Naufal Al Rafsanjani Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Plugged In, Not Charging"