UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

[5 Menit] Mengidentifikasi dan Mengatasi Komputer yang Not Responding (Hang)

Tweetilmu - Di era digital saat ini tentunya penggunaan komputer meningkat tajam, bahkan beberapa dari kita sulit atau tidak bisa jauh dari yang namanya komputer, komputer disini bukan semata-mata menggarisbawahi Personal Computer (PC), namun juga berkaitan dengan Laptop.

Mengidentifikasi dan Mengatasi Komputer yang Not Responding (Hang)

Nah oleh karena keberadaannya dirasa penting sebagai alat yang mampu mempermudah segala pekerjaan yang berurusan dengan digital, terlebih di era pandemi seperti ini aktivitas dipindahkan kedalam bentuk digital, seperti pembelajaran jarak jauh, mengerjakan tugas, lalu Work From Home, dsb. Maka cukup riskan bila komputer atau laptop yang kita miliki dalam kondisi Hang. Hang sendiri merupakan kondisi dimana suatu sistem komputer yang tidak dapat merespon/menanggapi segala perintah yang telah dimasukan, dan Hang berarti atau dapat mengindisikan situasi komputer yang janggal.

Bila kurang akrab dengan sebutan Komputer Hang, mungkin kalian lebih mengenalnya dengan sebutan Komputer Not Responding, ataupun Crash dll. Nah sebelum kita mengatasi komputer yang not responding tersebut, alangkah lebih baik untuk kita mengidentifikasi dan mengenali penyebab mengapa komputer atau laptop yang kita miliki bernasib sepert itu. Berikut ulasannya...

Komputer Terinfeksi Virus

Hal yang paling mungkin dan sering terjadi bila komputer tiba tiba not responding atau kinerja nya menurun adalah karena terinfeksi virus, virus tersebut biasanya muncul akibat kesalahan atau keteledoran kita sendiri, semisal kita sembarang dalam mendownload software, terlebih software itu ilegal, lalu juga ketika kita sembarang mengunjungi situs web dan berinteraksi didalamnya. Interaksi disini adalah ketika kita memberikan data pribadi kita ke situs yang tidak memiliki kredensial terpercaya, karena bisa jadi situ tersebut bermuatan scam ataupun phising.

Windows Bermasalah

Permasalahan selanjutnya adalah windows atau Operating System komputer/laptop kita yang bermasalah, hal ini biasanya terjadi karena adanya ketidaksingkronan antara driver yang baru kita install atau update dengan sistem operasi laptop, akhirnya hal ini lah yang menimbulkan kegaduhan dalam kinerja sistem.

RAM Penuh

Permasalahan yang satu ini sebetulnya bisa berkaitan dengan penyebab yang pertama tadi, karena biasanya sistem komputer mampu mengalokasikan penggunaan Random Access Memory ke berbagai software atau aplikasi yang tengah kita buka atau jalankan, jadi bila tiba tiba penuh, bisa jadi karena adanya Virus Ground, maupun karena software yang kita buka itu sangat berat dan tidak bisa kita jalankan dengan spesifikasi komputer atau laptop yang kita miliki.

Harddisk Bermasalah

Permasalahan terakhir yang mungkin saja menjadi penyebab komputer atau laptop menjadi lemot, dan bahkan sampai not responding ialah karena Hardisk yang bermasalah, sebetulnya persoalan Hardisk juga terbagi atas 2, bisa karena penyimpanannya yang penuh, atau Low Remaining Storage, bisa juga karena adanya Bad Sector (Kumpulan sektor hard disk yang mengalami kerusakan secara fisik yang bisa disebabkan karena Head dari Hardisk menyentuh sektor tersebut kemudian merusaknya, bisa juga dikarenakan adanya debu yang masuk.)

CPU Overheat

Biasanya kinerja komputer/laptop akan menurun ketika banyak proses atau aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan (Multitasking), nah tentu hal ini dapat memicu CPU atau Processor bekerja lebih keras dan berujung pada menghasilkan panas yang berlebih, jika Processor komputer atau laptop kita panas, tidak menutup kemungkinan baik itu software yang sedang kita jalankan maupun game yang tengah kita mainkan akan patah-patah, dan akhirnya macet dan Not Responding


Nah jika kita telah mengidentifikasi dan tau apa yang menjadi penyebab komputer atau laptop kita menjadi lemot, kinerjanya menurun atau bahkan sampai mengakibatkan Not Responding, selanjutnya kita bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Komputer yang Not Responding (Hang)

1. Biarkan Komputer/Laptop 5-10 Menit

Hal pertama yang harus kalian lakukan ialah sabar sebentar, tunggu sekitar 5-10 menit, biarkan komputer atau laptop kita menyelesaikan permasalahan yang terdapat di dalam sistem operasinya, bila dirasa belum tuntas, lakukan cara-cara berikutnya.

2. Membersihkan Debu pada Heatsink atau Menggunakan Kipas Eksternal

Bila penyebab laptop not responding dikarenakan kita membuka banyak aplikasi atau software sekaligus, dan menyebabkan perangkat yang kita gunakan panas, alangkah lebih baik kita untuk mengecek Heatsink yang ada di dalam perangkat kita, barangkali terdapat banyak debu yang menempel akhirnya kinerjanya tidak optimal, atau bila di laptop, kalian bisa menggunakan kipas laptop eksternal (Cooling Pad), bila bingung mencari dan membelinya dimana, kalian bisa mencarinya di gerai/toko online favorit kalian.

3. Paksa Berhenti Aplikasi yang Sedang Berjalan

Bila penyebab not respondingnya adalah karena kita memaksa laptop atau komputer yang kita miliki untuk menjalankan program yang berat, maka langkah sederhana dan paling mudahnya adalah dengan melakukan Force Close (Paksa Berhenti) aplikasi yang sedang kita jalankan.

Kalian bisa melakukannya dengan cara menekan kombinasi keyboard Ctrl+Alt+Del, setelah itu akan muncul muncul menu dan pilih Task Manager, lalu pilih aplikasi yang hendak kita paksa berhenti, lalu klik End Task.

4. Melakukan Hard Shutdown

Cara ini terbilang cukup beresiko, karena cara ini sama saja dengan kita menghentikan proses yang sedang berjalan secara paksa, oleh karenanya cara yang ketiga ini jangan sering dilakukan, karena bisa saja dengan menonaktifkan komputer/laptop secara paksa dapat merusak komponen lainnya, seperti Hardisk, Processor, RAM, dll.

Kalian bisa melakukan Hard Shutdown dengan cara menekan tombol power yang terdapat di CPU bila di komputer atau dipojok kiri/kanan atas bila di laptop, tekan selama 3-10 detik.

5. Segera Hubungi dan Bawa ke Service Center

Bila kalian termasuk deretan orang yang tidak mau ribet dan tak mau mengambil resiko, kalian bisa menghubungi Service Center terdekat untuk dapat mengecek kondisi komputer kalian, atau bila laptop kalian yang beramasalah, kalian bisa juga membawanya ke Service Point terdekat, baik yang resmi maupun yang tidak.


Demikian informasi dan Tutorial Cara Mengidentifikasi dan Mengatasi Komputer yang Lemot atau Not Responding, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian. Salam Tweeters

Related Posts
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

Posting Komentar