Tutorial Membuat Suara Narasi (Voice Over) Keren Tanpa Rekaman

Tak sedikit orang yang tidak Percaya Diri menjadikan suaranya sebagai Narator (Voice Over) dalam suatu video.

Hadirnya Pandemi di tanah air membuat segala aktivitas pembelajaran dan sebagian pekerjaan dilaksanakan secara online. Nah oleh karenanya kita dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Membuat Suara Narasi (Voice Over) Keren Tanpa Rekaman

Sementara itu karena saat ini situasi serba online, akhirnya sebagian orang beralih dan mengadu nasib sebagai Content Creator, sebut saja menjadi Youtuber.

Namun tak sedikit para Youtuber pemula yang tidak Percaya Diri menggunakan suaranya sebagai Narasi dalam video yang sedang dibuat.

"Lalu apakah ada solusinya?"

Tentu saja ada, kalian bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat Narasi tanpa harus merekam suara sendiri.

Menggunakan T2S Apps

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kalian hanya perlu menyiapkan ataupun mengetik teks yang hendak dijadikan audio narasi, setelah itu kalian bisa mereview terlebih dahulu sebelum audio tersebut di export.

T2S Application

Terdapat 2 pilihan format file audio yang bisa kalian pilih sebagai format akhir audio yang diexport, yakni .MP3 dan .WAV.

Tidak sampai disitu, yang menarik dari aplikasi ini adalah kita bisa memilih narator dari berbagai negara, termasuk narator Indonesia, dengan 5 pilihan suara.

Kalian bisa mengatur speech rate dan juga speech pitch, sesuai dengan selera kalian. Tidak diperlukan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi ini, jika kalian berminat, dan ingin mencobanya kalian bisa mendownloadnya melalui link dibawah ini.

Sebetulnya aplikasi T2S saja sudah cukup untuk membuat audio narasi yang menarik, namun kalian juga bisa memaksimalkan audio tersebut dengan dua aplikasi lainnya,

Yakni Voice Changer With Effect, sebuah aplikasi yang dapat mengubah suara dengan berbagai efek ciamik, setidaknya lebih dari 40 efek yang ditawarkan aplikasi ini.

Nah aplikasi lainnya yang mungkin saja dibutuhkan adalah Super Sound - Editor MP3. Melalui aplikasi ini kita bisa mencampur, memotong dan melakukan personalisasi terhadap audio yang kita buat.

Seiring berkembangnya waktu, belakangan ini mulai trend juga beberapa tools-tools mutakhir yang mampu membuat voice over dengan hasil yang lebih memuaskan.

Untuk itu admin mencoba memberikan rekomendasi tambahan terkait dengan bagaimana cara membuat suara narasi (voice over) secara otomotis.

Namun yang admin rekomendasikan disini tools yang berbasis website, jadi kalian tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi lagi, dan tentunya bisa diakses oleh perangkat manapun yang bisa terkoneksi internet.

Rekomendasi Situs Voice Over Generator:

Merupakan webiste voice over generator yang memiliki kemampuan AI mutakhir, mampu menarasikan text ke dalam bentuk audio. Uniknya adalah Voicebooking menyediakan lebih dari 50 pilihan bahasa dan dari masing-masing bahasa tersebut juga tersedia lebih dari 3 narator.

lantas apakah Voicebooking berbayar?

Voicebooking tersedia dalam paket gratis dan juga berbayar (premium). Dalam versi gratis kalian hanya diperbolehkan membuat satu projek, namun kalian tetap memiliki kesempatan mengakses ke semua fitur yang tersedia.

Kalian dapat membuat Voice over tanpa batas melalui proyek yang mampu menambahkan penekanan pada kata-kata tertentu dan menambahkan jeda pada teks.

Perihal lisensi? Tidak perlu khawatir

Karena Voicebooking dapat digunakan di semua media, bahkan kalian juga mampu memanfaatkannya untuk keperluan iklan. Jadi tunggu apalagi? silakan kunjungi website voicebooking dan rasakan kebermanfaatannya.

2. Clipcham

Teruntuk kalian yang sedang mencari paket lengkap editing video sosial media mulai dari Tiktok, Pinterest, Facebook, Instagram, Video Promo bahkan untuk keperluan persentasi, Clipchamp rasa-rasanya adalah solusi yan tepat.

Lantas apa hubungannya dengan Voice Over Generator?

Pada dasarnya memang Clipchamp merupakan situs web Creating-editing video yang juga disertai ribuan template, saking banyaknya fitur yang ditawarkan Clipchamp juga menyediakan tools yang mampu membuat suara narasi otomatis.

Mendukung hingga 70 pilihan bahasa, yang terdiri atas 170 suara autentik, baik itu laki-laki maupun perempuan, bahkan kalian juga bisa memilih cakupan umur yang sesuai dengan suara narasi yang hendak kalian pilih.

Sama seperti tools online pada umumnya, Clipchamp tersedia dalam dua versi, gratis dan juga berbayar. Namun dalam versi gratis kalian dapat menikmati hampir semua fitur yang tersedia.

Jadi nantinya kalian tidak hanya bisa membuat voice over di Clipchamp namun juga bisa memanfaatkan fitur editing video online yang disajikan.

Silakan kunjungi situs web Clipchamp untuk informasi lebih lanjut.

3. Media.io

Media.io merupakan website multifungsi yang menyediakan tools-tools yang berkaitan dengan video, audio dan images. Salah satu fitur terbarunya ialah Text to Speech atau mengkonversi teks ke dalam bentuk suara berkat dukungan AI Voice generator.

Buat kalian yang baru terjun di dunia digital dan khawatir bingung dalam mengoperasikan tools online ini, tidak perlu khawatir, karena media.io menyajikan tampilan yang simpel dan beginner-friendly.

Terlebih, Media.io mampu meng-generate super realistic voices yang menyediakan beberapa pengaturan dan fitur tambahan yang dapat diterapkan ke suara narasi yang kalian buat.

Karena Media.io merupakan situs online yang menyajikan tools terbaik untuk keperluan editing video, audio dna images, tidak akan rugi jika kalian menyicipi versi gratisnya.

Untuk informasi fitur lengkap dan keterangan lebih lanjut, kalian bisa kunjungi websitenya langsung.

4. Animaker Voice

Merupakan situs penyedia layanan voice over generator yang powerfull, karena mendukung lebih dari 50+ bahasa dan 200+ narator yang nantinya bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Cara penggunaannya pun relatif mudah, kalian hanya perlu mengetikan teks yang hendak dinarasikan, kemudian memilih gender languages, lalu bisa menambahkan efek sesuai selera. Dan yaaa... Voice over impian kalian dapat di download.

Animaker voice sangat direkomendasikan, buat kalian yang mau membuat voice over dalam keperluan branding videos, youtube intro, product explainer, hingga keperluan sosial media, seperti tiktok dan instagram.

Animaker Voice Berbayar atau tidak?

Tersedia dalam dua versi premium dan free. Namun jangan khawatir dalam versi free kalian juga dapat mengakses sejumlah fitur yang dapat menoptimalkan voice over yang hendak dibuat.

Namun tentu saja namanya gratis, ada batasannya, yakni kalian hanya bisa mendownload 5 kali dalam sebulan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website animaker voice.

Perlu kalian ketahui bahwa website yang menyajikan fitur voice-over generator di atas memiliki kualitas suara yang lebih baik, karena turut memperhatikan tekanan dan juga tanda baca pada teks, sehingga suara yang dikeluarkan juga optimal.

Tidak terlihat seperti suara google misalnya. Semua ini karena adanya fitur AI yang mutakhir dalam setiap website yang kami rekomendasikan.

Demikian cara membuat Voice Over otomatis menggunakan smartphone, semoga bisa bermanfaat. Jika artikel ini layak untuk dibagikan, silakan klik tombol share, agar lebih banyak orang yang tau.

Simak tutorial lainnya hanya di Tweet Ilmu

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

12 komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
  1. Naaaah.. artikel yang sangat berguna. para blogger yang introvert seperti saya bisa merambah dunia YouTube nih pake aplikasi beginian. nice post!
    1. Betul banget, kalau kita rajin surfing tools online, sebenarnya banyak sekali hal-hal yang bisa kita manfaatkan
  2. Receh tapi memang banyak orang yg nggk pede sama suaranya. Appsnya cukup membantu. Boleh kapan" saya coba
    1. Justru itu, tidak semua orang PD terhadap suaranya, dan membuat voice over yang enak didengar ada tekninya, makanya saat ini banyak sekali AI yang dikembangkan dan mencoba menuntaskan keresahan ini
  3. aku baru tau ada aplikasi ini. cocok nih buat aku yg tiap bikin konten video males banget rekaman hehe
    1. Bener banget, karena kalau bikin sendiri tuh pasti banyak kendalanya, salah satunya banyak noise masuk, yang akhirnya mereduksi kualitas rekaman, pun kalau masuk wilayah editing bisa jadi terkesan tidak otentik
  4. Ini tuh yang kalau ada video terus suaranya keluar kaya suara mba google kah?
    Aku suka penasaran gimana caranya editing video dengan suara yang seperti itu
    ?
    1. Secara konsep sama, tapi situs-situs yang direkomendasikan disini punya kemampuan yang lebih mutakhir, layaknya "hire" tenaga profesional, berkat dukungan AI, dan hasilnya juga tidak akan kentara, pokoknya sila di coba deh kak, buat tau hasilnya
  5. rekomenasi bagus ini untuk konten kreator yang membutuhkan suara tp males ngomong langsung
  6. Wahh, baru tau aplikasi ini dong, kerenn bgd sich ini, ngebantu kerjaan content creator banged
  7. Nice artikel. Kebtulan banget lagi cari cari cara untuk voice over.
  8. wah ini keren nih, referensi untuk yang lagi belajar voice over. editingnya rumit gak ya mas
© Tweet Ilmu. All rights reserved. Edited by Tweet Ilmu