Bagaimana Sektor Pendidikan Dalam Hadapi Tantangan & Peluang Era Digital?

Admin Tweet Ilmu

Image by Freepik

Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang memiliki dampak dari berkembang pesatnya era digital seperti saat ini. Mengapa demikian? Karena kita tau, sektor pendidikan memegang peran penting dalam mencerdaskan generasi bangsa selanjutnya dan hubungannya dengan perkembangan teknologi adalah tingkat keefektifan dan penyerapan materi yang sebenarnya benar-benar diserap dengan baik atau tidak oleh siswa.

Tentunya  guru juga menjadi tokoh yang paling merasakan dampak tantangan dan peluang sektor pendidikan di era digital seperti saat ini. Tantangan bukan berarti selalu ancaman, melainkan sudut pandang kita menilai sesuatu untuk melakukan inovasi. Sektor pendidikan menghadapi berbagai tantangan dan peluang dalam era digital. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita belajar, mengajar, dan mengakses informasi. Berikut tantangan yang dihadapi oleh sektor pendidikan di era digital:

1. Kesenjangan perangkat digital

Tidak semua orang memiliki perangkat digital yang memadai untuk mendukung kebutuhan belajar melalui platform atau kanal digital seperti Google Class, Email dan lain sebagainya. Jadi, hal ini dapat menghambat proses belajar beberapa orang.

2. Kecanduan oleh teknologi

Hal ini sudah tak bisa kita sangkal, karena dengan majunya teknologi justru membuat beberapa siswa terlebih siswa sekolah dasar jadi kecanduan gadget sehingga proses pembelajarang kurang fokus dan kurang menyerap dengan baik.

3. Teknologi yang berkembang secara pesat

Dengan percepatan laju teknologi yang pesat tentunya menjadi tantangan bagi guru atau tenaga pendidik seperti dosen, karena berkembangnya teknlogi maka tenaga pendidik harus mampu beradaptasi dengan cepat dengan teknologi.

Dibalik tantangan era digital, ternyata terdapat peluang untuk sektor pendidikan dengan perkembangan era digital yang semakin maju, kira-kira apa saja? Berikut penjelasan singkatnya:

1. Akses sumber belajar lebih efiesien

Semakin berkembangnya teknologi pada era digital saat ini tentunya memberi kemudahan akses pembelajaran bagi tenaga pendidik dan peserta didik. Mereka dapat mengakses berbagai macam materi melalui internet darimana saja.

2. Berkembangnya keterampilan digital

Sektor pendidikan dapat membantu pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan dalam dunia pendidikan. Hal ini tentunya menjadi dampak positif untuk semuanya.

3. Peluang untuk melakukan pengajaran jarak jauh

Dengan kemudahan akses darimana saja, maka jika ada tenaga pendidik atau peserta didik yang tidak bisa melakukan pembelajaran secara langsung, maka mereka dapat melakukan sistem pembelajaran dari jauh seperti Google Meet, Zoom, link Google Form, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]