UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

Jenis-Jenis Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Tweetilmu.web.idArtikel ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya yang telah membahas tuntas mengenai pengertian, ciri, tujuan dan fungsi serta tahapan dalam menulis karya ilmiah, dan oleh karena pembahasan mengenai karya ilmiah cukup luas dan beraneka jenis, jadi pada artikel kali ini admin akan membagikan serta menjelaskan jenis-jenis karya ilmiah menurut para ahli.

Jenis-jenis Karya Ilmiah

Perlu kita ketahui bersama, bahwasannya karya ilmiah menurut sejumlah ahli terbagi atas 9 jenis, diantaranya adalah:

  • Artikel
  • Makalah
  • Kertas kerja
  • Skripsi
  • Tesis
  • Paper
  • Buku
  • Disertasi
  • Karya ilmiah populer

Berikut ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai variasi atau ragam bentuk karya ilmiah:

Artikel

Merupakan karya ilmiah yang memuat pendapat subjektif si-pembuat mengenai sebuah peristiwa ataupun masalah tertentu, sedangkan jika dipandang dari sudut pandang ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja dirancang untuk dimuat dalam jurnal ataupun kumpulan artikel yang dibuat dengan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang berlaku.

Nah biasanya artikel ini juga beragam bentuk ya, ada artikel ilmiah dan adapula artikel yang membahas hal-hal diluar keilmiahan seperti halnya artikel yang ada di website-website hiburan, dsb.

Makalah

Merupakan karya ilmiah yang menyajikan sebuah permasalahan yang hendak dibahas yang dimana penyelesaianya mengandalkan berbagai macam data yang ada di lapangan atau bisa juga berdasarkan contoh-contoh yang beredar di suatu lingkup tertentu. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya dipresentasikan dalam sebuah kegiatan seminar.

Paper

Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi Diploma, S1, S2 dan atau S3. Sistematika penulisannya pun sama dengan artikel dan makalah, tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan.

Kertas Kerja

Kertas Kerja atau Work Paper, pada hakikatnya mirip dengan makalah,namun hal yang menjadi ciri pembedanya adalah work paper biasanya dibuat berdasarkan analisis yang lebih mendalam dan tajam serta dipresentasikan pada seminar atau lokakarya  yang biasanya dihadiri oleh para ilmuwan.

Skripsi

Merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu ataupun berdasarkan teori yang telah dikemukakan oleh para ahli.

Tesis

Merupakan karya tulis ilmiah yang juga dibuat oleh mahasiswa, hanya saja tesis dibuat untuk menyelesaikan program studi S2 atau Pascasarjana yang bersifat lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang didapat dari penelitian yang dilakukan individu yang bersangkutan.

Disertasi

Disertasi atau Ph.D Thesis, diperuntukkan bagi mahasiswa program studi S3 atau mahasiswa yang hendak meraih gelar Doktor/Dr. Mengemukakan analisis yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan dengan data dan fakta yang valid serta analisis   yang terperinci. Disertasi berisi suatu temuan penulis sendiri yang berupa temuan orisinal.

Buku Pelajaran

Buku Pelajaran, adalah tulisan yang mengacu pada kompetensi inti, dan kompetensi dasar serta mengacu pada kurikulum yang berlaku dan isinya mengenai materi-materi yang nantinya akan dipelajari oleh peserta didik.

Karya Ilmiah Populer

Karya Ilmiah Populer, merupakan karya tulis yang berpegang kepada standar ilmiah, tetapi ditampilkan dengan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam. Dengan pengertian seperti ini, benar bila dikatakan bahwa ilmiah populer adalah sarana komunikasi antara ilmu dengan masyarakat awam Saipurrahman (2014: 3).

Untuk memperdalam mengenai karya tulis ilmiah populer, kalian bisa membacanya disini: Pengertian dan Karakteristik Karya Ilmiah Populer Menurut Para Ahli.


Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, bila ada hal yang salah atau masih membingungkan dan ingin ditanyakan, mari kita diskusikan bersama melalui kolom chat atau kalian bisa mengkontak admin dengan mengunjungi halaman kontak yang tersedia di website ini.

Related Posts
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

Posting Komentar