UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

Pertanyaan Umum Mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kali ini penulis akan membagikan beberapa pertanyaan umum yang akhir-akhir ini sering muncul ke permukaan.
Pertanyaan Populer Tentang Ideologi Pancasila


1. Latar Belakang Sikap Beberapa Pihak Dalam Masyarakat Yang Menolak Pancasila Sebagai Dasar Negara…

Pada hakikatnya suatu individu maupun kelompok akan menolak keberadaan pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, karena hilangnya suatu kepercayaan pada negara ataupun pemerintah yang menjalankannya.

Ketidakadilan yang terjadi dimana-mana, sistem pengelolaan Negara yang kurang baik, serta para penguasa mengedepankan kepentingan pribadi, hal tersebut kemudian akan mendorong suatu individu ataupun kelompok mulai berfikir, “kalau para penguasa saja bisa kenapa kami tidak ??”

Setelah semua hal diatas terjadi mereka pun mulai berfikir tentang suatu ideologi yang sekiranya akan dapat menguntungkan dirinya ataupun kelompoknya, dan disitulah para oknum-oknum akan menyuarakan suatu ideologi ataupun dasar negara yang baru, sebagai bentuk keresahan akibat ketidakadilan yang terjadi.

2. Alasan Banyak Pihak yang Tetap Ingin Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Meskipun ada beberapa pihak/kelompok yang ingin mengganti Dasar Negara Indonesia menjadi bukan Pancasila, misal Khilafah, Liberal, Komunis, maupun Kapitalis, atas dasar ketidakadilan, namun tidak sedikit juga warga negara Indonesia yang bersifat Pancasilais ataupun mereka yang akan membela Pancasila sampai titik darah penghabisan.

Kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa Pancasila sudah sesuai dan mencerminkan kepribadian bangsa ataupun diangkat dari nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri.

Selain itu pancasila juga merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia dan merupakan jiwa bangsa Indonesia, karena sudah ada sejak dahulu kala bersamaan dengan lahirnya Bangsa Indonesia.

Dan mereka yang pancasilais pun meyakini bahwasannya hanya Pancasila lah ideologi ataupun dasar negara yang memiliki nilai-nilai Toleransi yang tinggi, serta cocok dengan sistem demokratis yang Indonesia anut.

3. Kemukakan Pendapat dan Penilaian Anda Tentang Perbedaan Pandangan Tersebut

Perbedaan pendapat antara suatu kelompok dengan kelompok lain saya pikir wajar, karena setiap individu tentunya mempunyai kepentingannya masing masing, dan ketika individu-individu tersebut yang mempunyai pemikiran ataupun pandangan yang sama dipertemukan maka terbentuklah suatu kelompok yang tentunya siap menyuarakan kepentingannya.

Alfabet pertama dari sebuah perubahan adalah Keresahan, jika suatu kelompok berniat mengubah suatu sistem negara, sudah dapat dipastikan bahwa ada keresahan yang menyelimuti hatinya, dan bisa jadi ada sebuah hak yang seharusnya ia dapatkan namun tidak dapat dipenuhi oleh negara. Dan bisa jadi pula ada sebuah janji yang dilontarkan namun tak kunjung direalisasikan.

4. Bagaimana Sikap anda Dalam Menghadapi Perbedaan Tersebut…

Ketika perbedaan pendapat ataupun pandangan tersebut muncul di tengah masyarakat, maka hal yang harus kita lakukan adalah dengan cara mengajak dialog kelompok yang ingin mengganti sistem negara tersebut.

Serta musyawarahkan, sebagai itikad baik dalam menyelesaikan suatu problematika, karena yang saya tau, pemberontak akan semakin memberontak ketika kita salah mengkondisikannnya. 

Yang jelas anggaplah individu ataupun kelompok tersebut tetap sebagai Warga Negara yang sedang menyuarakan pendapatnya, yang sedang mengkritik suatu kebijakan pemerintah.

Dan seharusnya kita juga harus memikirkan secara matang-matang bila ikut menyuarakan “Ganti Sistem Pemerintahan” apakah kita tau esensi dari mengganti suatu sistem pemerintahan itu apa ?, apakah kita sudah memikirkan dampak baik-buruknya terhadap bangsa ini ?

Intinya jangan mau diperdaya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung Jawab, dan bertindaklah sesuai dengan hati nurani.

Semoga apa yang penulis bagikan disini bisa menjawab dan menjadi bahan acuan buat kalian semua, semoga bermanfaat. Terima Kasih
Related Posts
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

Posting Komentar