Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Endnote X9

Ketika hendak membuat suatu karya tulis ilmiah, tentunya masing-masing dari kita memerlukan sebuah sumber yang nantinya bisa dijadikan sebagai pijakan ataupun landasan argumen maupun teori yang nantinya kita gunakan.

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Endnote X9

Nah ketika kita menggunakan pendapat para ahli ataupun suatu artikel pada media dengan tujuan dan berkaitan dengan teori yang nantinya kita gunakan, sudah sepatutnya kita mencantumkan sumber rujukan, sumber rujukan itulah yang dinamakan daftar pustaka.

Daftar pustaka sendiri merupakan suatu tulisan yang tersusun atas nama penulis, tahun jurnal/buku itu terbit, judul, dst yang biasa digunakan penulis sebagai rujukan dalam karya yang ia buat. Semakin banyak sumber yang kita gunakan, maka semakin banyak daftar pustaka yang juga nantinya harus kita tulis.

Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu kita dalam membuat daftar pustaka, ada salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan, aplikasi tersebut bernama Endnote X9. Buat kalian yang belum menginstall aplikasi tersebut, kalian bisa mendownload nya melalui link dibawah ini.

Lalu buat kalian yang bingung cara install nya gimana, kalian bisa ikuti Intruksi Ini.


Berikut merupakan tutorial cara menggunakan aplikasi Endnote X9 Full Version

1. Bila aplikasi Endnote nya telah diinstall, silakan kalian buka atau launch aplikasi tersebut. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Dan secara otomatis dan permanen Endnote juga akan ditambahkan pada tampilan Microsoft Word kalian. 

Tampilan Endnote X9 Setelah di Install

2. Lalu arahkan kursor ke bagian Tab File lalu pilih New, maka akan muncul tab baru dan silakan kalian ketik nama library yang mau kalian buat, nah library itulah yang nantinya akan menghimpun semua data rujukan yang kalian simpan.

New File Endnote X9

Bila sudah diberi nama, pilih directory yang ingin kalian gunakan, entah itu di Data D, ataupun Local disk C, lalu pilih Save.

3. Bila kalian ingin menambahkan daftar rujukan secara manual, kalian bisa pilih menu New Reference atau menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+N. Silakan kalian pilih Reference Type atau tipe rujukan yang kalian gunakan entah itu dari buku, jurnal, website, podcast, dsb.

Mengisi data reference di endnote x9

Setelah itu masukan beberapa kolom informasi yang kalian miliki mengenai sumber, tidak semua diisi tak apa, yang terpenting memenuhi syarat untuk dijadikan daftar pustaka. Bila kolom tersebut sudah diisi, silakan tekan kombinasi keyboard Ctrl+S untuk menyimpan.

4. Untuk menggunakan sitasi rujukan yang tadi telah kalian tambahkan ke endnote, kalian tinggal, klik Tab Endnote X9 lalu klik Insert Citation dan ketikan nama pengarang, atau judul buku/jurnal yang hendak kalian gunakan, klik Find, pilih dan Insert.

Menambahkan sitasi melalui endnote x9

Maka secara otomatis sitasi ditambahkan dan di halaman terakhir lembar kerja microsoft word kalian daftar pustaka juga otomatis telah terbuat.

5. Bila kalian gamau ribet kalian juga bisa search buku yang kalian gunakan sebagai sumber rujukan di Google Books, dan download sitasi nya, lalu silakan import file yang telah kalian download tadi.

Google Books


Note:

Biasanya saat hendak menambahkan daftar pustaka, maka akan muncul juga sitasinya, berupa nama pengarang dan juga tahun, jika kalian hanya menginginkan daftar pustaka saja, kalian bisa lakukan cara berikut ini:

Klik kanan pada daftar pustaka > pilih edit citation > pilih more > pada bagian formatting > ubah menjadi Show Only Bibliography.

Maka akan secara otomatis hanya daftar pustakanya saja yang akan tampil. Saran saya jika hendak melakukan cara ini, pastikan bahwa semua daftar pustaka sudah dibuat, sehingga tak perlu repot mengeditnya satu per satu.

Buat kalian mahasiswa semester akhir dan sedang berjuang mengerjakan skripsi, bisa banget nih untuk menginstall dan menggunakan aplikasi satu ini. Karena tak bisa saya bayangkan jika membuat daftar pustaka dengan cara ketik secara manual dengan jumlah yang banyak, tentu akan membuang waktu dan menambah keruwetan bukan?

Demikian tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat. Bila ada hal yang dirasa kurang jelas, kalian bisa bertanya melalui kolom komentar, atau juga bisa menghubungi saya melalui email, dengan mengakses halaman Narahubung.

Naufal Al Rafsanjani
Naufal Al Rafsanjani Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar untuk "Tutorial Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Endnote X9"