UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

Pengertian Perencanaan Pembelajaran, Prinsip, Fungsi, Tujuan dan Langkah Menyusunnya

Tweetilmu.web.id – Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan materi mengenai Perencanaan pembelajaraan, lalu prinsip, fungsi dan tujuannya serta langkah-langkah dalam menyusunnya, mengingat perencanaan merupakan suatu hal yang fundamental dalam upaya menggapai sebuah tujuan yang dicita-citakan, berikut merupakan ulasannya:

Pengertian Perencanaan Pembelajaran, Prinsip, Fungsi, Tujuan dan Langkah Menyusunnya

Pengertian Perencanaan

Proses penetapan dan pemanfaatan sumber daya secara terpadu yang diharapkan dapat menunjang kegiatan-kegiatan dan upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan. 

Perencanaan adalah suatu proyeksi (perkiraan) tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan absah dan bernilai (Roger A.Kaufman).

Pokok Pikiran Perencanaan

  • Perencanaan melibatkan proses penetapan keadaan masa depan. 
  • Masa depan yang diinginkan kemudian dibandingkan dengan keadaan sekarang, sehingga dapat dilihat kesenjangannya. 
  • Untuk menutup kesenjangan itu perlu dilakukan usaha-usaha. 
  • Usaha yang dilakukan dapat beranekaragam dan merupakan alternatif yang mungkin ditempuh. 
  • Pemilihan alternatif yang paling baik (efektivitas dan efisiensi). Alternatif yang dipilih harus diperinci sehingga menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan apabila akan dilaksanakan.

Perencanaan Pembelajaran menurut Para Ahli

Banghart dan Trull menjelaskan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa satu semester yang akan datang untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Sementara Toeti Soekamto mengatakan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan pengembangan pembelajaran yang merupakan sebagai sistem yang terintegrasi dan terdiri dan beberapa unsur yang saling berinteraksi. 

Selain itu Nana Sudjana mendefinisikan perencanaan pembelajaran sebagai kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu pembelajaran (PBM) yaitu dengan mengkoordinasikan (mengatur dan merespon) komponen-komponen pembelajaran, sehingga arah kegiatan (tujuan), isi kegiatan (materi), cara penyampaian kegiatan (metoda dan teknik, serta bagaimana mengukurnya (evaluasi) menjadi jelas dan sisitematis.


Prinsip Perencanaan Pembelajaran

  • Rencana yang dibuat harus disesuaikan dengan tersedianya sumber-sumber.
  • Organisasi pembelajaran harus senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat sekolah. 
  • Guru selaku pengelola pembelajaran harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab. 
  • Faktor manusia selaku anggota organisasi senantiasa dihadapkan pada keserbaterbatasan.

Tujuan dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran

Tujuan Perencanaan Pembelajaran ialah untuk menguasai sepenuhnya bahan dan materi ajar, metode dan penggunaan alat dan perlengkapan pembelajaran, menyampaikan kurikulum atas dasar bahasan dan mengelola alokasi waktu yang tersedia & membelajarkan siswa sesuai yang diprogramkan.

Fungsi Perencanaan Pembelajaran terdiri dari 6 poin, dinataranya adalah:

  1. Memberi guru pemahaman yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah dan hubungannya dengan pembelajaran yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan itu. 
  2. Membantu guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan. 
  3. Menambah keyakinan guru atas nilai-nilai pembelajaran yang diberikan dan prosedur yang dipergunakan. 
  4. kegiatan yang bersifat trial dan error dalam mengajar membantu guru dalam rangka mengenal kebutuhan siswa, minat siswa, dan mendorong motivasi belajar. 
  5. Mengurangi kekurangan dengan adanya organisasi yang baik dan metode yang tepat. 
  6. Membantu guru memelihara kegairahan mengajar dan senantiasa memberikan bahan bahan yang up to date kepada siswa (Oemar Hamalik).

Unsur-unsur yang Terlibat dalam Perencanaan Pembelajaran

  • Guru
  • Siswa
  • Kurikulum
  • Perencanaan
  • Pendekatan
  • Media
  • Lingkungan
  • Sumber Bahan Ajar
  • Evaluasi Hasil Belajar

Mengapa Pembelajaran Perlu Direncanakan

  • Sebagai upaya dalam perbaikan kualitas pendidikan 
  • Dirancang dengan pendekatan sistem 
  • Mengacu bagaimana orang belajar 
  • Diarahkan pada kemudahan belajar 
  • Melibatkan variabel pembelajaran (1) Variabel kondisi (tujuan, sistem, mata pelajaran, siswa) (2) Metode pembelajaran (3) Hasil belajar.
  • Penetapan metode dengan prinsip: (1) Tidak ada metode paling unggul untuk semua kondisi (2) Metode yang berbeda akan mempengaruhi hasil belajar (3) Kondisi pembelajaran siswa memiliki pengaruh yg konsisten terhadap hasil belajar.

Syarat Perencanaan Pembelajaran

Syarat perencanaan pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan atau syarat seorang perancang pembelajaran, yaitu: 

Memiliki Kemampuan Analitik

Kemampuan analitik atau mampu menganalisa adalah kemampuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dalam rangka memprediksi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.   

Memiliki Kemampuan Pengembangan

Kemampuan pengembangan adalah kemampuan memilih, menetapkan, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang paling optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Memiliki Kemampuan Pengukuran

Kemampuan pengukuran adalah kemampuan untuk menetapkan tingkat keefektifan, efisiensi, dan daya tarik rancangan pembelajaran. Kemampuan ini meliputi memilih, menetapkan, dan mengembangkan alat ukur yang paling tepat untuk mengukur pencapaian tujuan/indikator.


Langkah-Langkah Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran

Langkah-langkah dalam menyusun perencanaan pembelajaran tentu berkaitan dengan peran guru dalam memahami hal-hal yang terkait dengan model pembelajaran, karakteristik peserta didik, strategi dan hal lainnya, berikut merupakan penejelasannya:

Analisis Tujuan Pembelajaran 

Bagaimana memahami dan mencermati seprangkat pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang guru yang terkait dengan perencanaan pembelajaran yang meliputi: konsep tujuan, tujuan sebagai instrumen pengukuran, komponen-komponen tujuan pembelajaran, serta manfaat tujuan pembelajaran.  

Analisis Sumber Belajar

Analisia sumber belajar adalah bagaimana seorang guru memahami dan mencermati hal-hal yang berhubungan dengan sumber belajar dalam rangka merencanakan pembelajaran yakni yang meliputi: apa arti media pembelajaran, bagaimana memilih media pembelajaran. 

Analisis Karakteristik Siswa

Analisis karakter siswa adalah merupakan seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam rangka merencanakan pembelajaran dengan baik Menetapkan tujuan dan isi pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan yang berkaitan dengan bagaimana seorang guru dapat memahami tujuan dengan baik, dapat mengklasifikasikan tujuan pendidikan, untuk merencanakan pembelajaran.

Menetapkan Strategi Penyampaian Pembelajaran Isi Pembelajaran

Menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berhubungan dengan bagaimana menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran dengan baik. 

Menetapkan Strategi Pengelolaan (Pengorganisasian) Pembelajaran

Menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berhubungan dengan bagaimana menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran dengan baik.

Menetapkan Strategi Penyampaian Pembelajaran

Merupakan seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berhubungan dengan bagaimana menetapkan strategi penyampaian pembelajaran agar dapat merencanakan pembelajaran dengan baik, yang meliputi: bagaimana pembelajaran penerimaan (reception learning), pembelajaran penemuan (discovery learning), pembelajaran penguasaan, (matery learning), pembelajaran terpadu (unit learning).

Menetapakan Strategi dan Prosedur

Menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berkaitan dengan bagaimana strategi menetapkan pengelolaan pembelajaran dengan baik. 

Pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berkaitan dengan bagaimana menetapkan prosedur evaluasi hasil pembelajaran dengan baik dalam merencanakan pembelajaran.


Nah itulah pembahasan terkait pengertian Pengertian Perencanaan Pembelajaran, Prinsip, Fungsi, Tujuan dan Langkah Menyusunnya, semoga bisa bermanfaat dan dapat dijadikan acuan atau sumber bacaan yang menambah wawasan.

Materi ini disusun oleh Umar Mansyur, S.Pd., M.Pd. Dosen Universitas Muslim Indonesia, semoga beliau diberikan keberkahan atas ilmu yang bermanfaat. Terima kasih

Related Posts
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

Posting Komentar