Jokowi berikan gelar pahlawan nasional untuk tokoh berikut, siapa saja?

Admin Tweet Ilmu

Image by rawpixel.com on Freepik
 

Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Pada momen Hari Pahlawan 2023, Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Indonesia.

 Pemberian gelar pahlawan nasional ini adalah sebagai anugerah dan apresiasi terhadap para pejuang yang mengabdikan diri untuk kemerdekaan negara Indonesia dulu. Berikut  daftar 6 orang tokoh yang menerima gelar pahlawan nasional 2023:

 1. Raja Ida Dewa Agung Jambe - Bali

Nama Ida Dewa Agung Jambe muncul sebagai salah satu tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi. Ida Dewa Agung Jambe adalah Raja Klungkung kedua. Beliau memimpin Perang Puputan Klungkung yang menjadi simbol perlawanan Bali terhadap penjajahan Belanda pada saat itu. Ida Dewa Agung Jambe dikenal atas keberanian dan pengorbanannya dalam melawan kolonialisme Belanda.

 2. KH. Abdul Chalim - Jawa Barat

Tokoh satu ini mendapatkan gelar pahlawan nasional karena memiliki peran penting berdirinya ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU). KH. Abdul Chalim merupakan komunikator berdirinya NU. Pemikiran KH. Abdul Chalim dibidang pendidikan, ekonomi, dan politik telah memberikan sumbangsih untuk kemerdekaan negara Indonesia.

 3. Raja Bantaha Santiago - Sulawesi Utara

Selanjutnya tokoh yang menerima gelar pahlawan nasional adalah Bantaha Santiago dari Sulawesi Utara. Beliau merupakan Raja Manganitu yang tidak hanya melawan namun juga menolak perjanjian dagang dengan VOC. Ia bersekutu dengan raja-raja lokal lainnya di Sangihe. Meskipun perjuangan Bantaha Santiago berakhir tragis di tangan Belanda, jasa dan semangatnya terus menginspirasi anak negeri untuk melawan penjajahan.

 4. Alm. M. Tabrani - Jawa Timur

Alm. M. Tabrani adalah tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional atas jasanya dalam memperkenalkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan nasional. Beliau adalah seorang jurnalis yang berasal dari Pamekasan, Madura. Kontribusi dan jasa M. Tabrani sangat besar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua redaksi Harian Merdeka pada saat itu.

 5. Ratu Kalinyamat - Jawa Tengah

Tokoh berikut yang mendapatkan gelar pahlawan nasional tahun 2023 adalah seorang putri kerajaan. Beliau adalah Ratu Kalinyamat atau bernama asli Retna kencana. Ratu Kalinyamat adalah tokoh penting atas penyelesaian konflik yang terjadi di lingkungan Kesultanan Demak. Tidak hanya dikenal atas kegigihan dan perjuangannya melawan Portugis, Ratu kalinyamat juga mendedikasikan dirinya terhadap pendidikan.

6.  KH. Ahmad Dhana - Lampung

Tokoh terakhir yang mendapat gelar pahlawan nasional 2023 adalah KH. Ahmad Dhana dari Lampung. KH. Ahmad Dhana berhasil mengusir para penjajah di Lampung. Tidak hanya itu, beliau juga berkontribusi dalam berhasil memajukan masyarakatnya dalam konteks religi maupun sosial.

 Itulah keenam tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional 2023. Penghargaan ini menjadi cara untuk bangsa Indonesia mengenang tokoh-tokoh yang telah berjasa bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]