Metode Pembelajaran monoton? simak 4 tips ini agar pembelajaran tak lagi menjenuhkan!

Admin Tweet Ilmu
Image by Freepik

Jakarta - Guru menjadi pemandu dalam proses pembelajaran di sekolah formal, namun tanpa disadari terkadang banyak materi yang kurang tersampaikan dengan baik karena suasana yang jenuh dan monoton. Jadi, terkadang materi pembelajaran tidak sampai dengan sempurna.

Adapun sebuah pendapat melansir dari laman kompas yang mengatakan bahwa tugas siswa bukanlah menerima materi pelajaran dari papan tulis ataupun Power Point, karena hal tersebut materi yang hendak disampaikan pada siswa terlalu berat atau terlalu monoton sehingga banyak siswa yang kurang mengerti materi yang disampaikan oleh sang guru.

Tugas seorang guru lebih besar dari itu, yaitu guru bisa menambahkan materi di kelas dengan panyajian yang tidak terlalu serius dan tidak terlalu santai sembari melihat respons siswa. Dengan begitu guru pun dapat mengamati pola pembelajaran yang saat ini berlangsung dengan pola pembelajaran sebelumnya. Tak jarang, hal ini works atau bekerja pada beberapa guru, jadi siswa mengingat materi lebih baik dan lebih menangkap inti materi pelajaran yang diajarkan.

Lantas, kalau kamu seorang guru, maka Langkah apa yang akan kamu ambil jika terjadi kasusu seperti ini? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika kamu adalah seorang guru:

1. Mampu Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Berkembang pesatnya teknologi sudah seharusnya jika kamu seorang guru, maka kamu harus terapkan dan mengikuti perkembangan teknologi. Sudah seharusnya seorang guru membuat bahan materi yang lebih unik dan menarik seperti video pembelajaran, aplikasi edukasi, dan platform daring dapat membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif.

2. Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek

Dalam hal ini seorang guru tidak hanya menyuruh siswa dalam membuat tugas proyek terlebih dulu, namun seorang guru dapat menerapkan contoh yang kiranya bisa jadi sumber referensi para siswa. Kemudian, barulah buat tugas tersebut.

3. Menerapkan Diskusi

Hal ini berguna untuk melatih siswa dalam belajar dalam kelompok dan tidak mengandalkan hanya satu orang saja. Jadi, siswa lebih bebas untuk mengekspresikan pendapat yang ingin disampaikan pada khalayak.

4. Membuat Variasi dalam Metode Penilaian

Penilaian merupakan hal yang penting dalam pembelajaran, karena era digital dan teknologi semakin pesat, maka guru pun dituntut untuk terus berbenah dalam proses penilaian. Guru dapat menerapkan ujian tulis tradisional ke dalam bentuk penilaian seperti proyek, presentasi, atau portofolio sehingga hal tersebutmemicu siswa termotivasi untuk belajar, karena mereka tahu bahwa penilaian mereka akan mencerminkan pemahaman mereka secara holistik.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]