Lunturnya literasi pada Gen-Z,gimana cara atasinya?

Admin Tweet Ilmu


 

 

Image by Freepik

Generasi z atau saat ini dikenal dengan sebutan gen z memiliki karakteristik tersendiri dan dapat dikatakan mereka memiliki sisi persona dan pribadi yang kuat. Namun, jika ditanya soal literasi saat ini yang terjadi masih minim. Hal tersebut terjadi karena kurangnya minat dan tingkat literasi pada generasi saat ini.

 Literasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami, menginterpretasikan, dan menggunakan informasi tertulis atau simbolik dalam berbagai bentuk. Selain itu, literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup pemahaman, keterampilan berpikir kritis, kemampuan berbicara, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

 Lunturnya literasi juga diakibatkan karena lebih banyak orang yang lebih memilih bermain gadget daripada baca informasi atau baca buku dan tidak sedikit orang yang menganggap kegiatan membaca itu sangat membosankan.

 Literasi tidak dapat ditumbuhkan dengan begitu saja, melainkan butuh proses dan waktu untuk adaptasi agar literasi diminati oleh generasi saat ini. Bagi kamu yang merasa ‘gen z; banget, maka kamu bisa nih menerapkan 3 (tiga) cara untuk menumbuhkan minat pada literasi sebagai berikut:

 1. Membaca secara rutin

Tentunya proses untuk membaca secara rutin juga diikuti dengan keinginan dari diri sendiri untuk menemukan alasan atau motivasi agar giat membaca. Ada yang membaca untuk menambah ilmu, ada yang membaca memang karena suka atau hobi, ada yang membaca agar tak kesepian. Berbagai macam alasan itu perlu kamu ketahui dulu ya! Yuk mulai membaca sekarang

2.  Mengikuti komunitas literasi

Untuk mengikuti atau bergabung pada komunitas-komunitas literasi, maka kamu harus rajin untuk riset sekiranya komunitas apa yang satu tujuan denganmu dan komunitas literasi yang sudah memiliki visi misi yang jelas, agar kamu mendapatkan insight dari mereka yang gemar membaca atau setidaknya menumbuhkan sedikit motivasi pada dirimu.


3. 
Menulis secara berkala

Setelah membaca beberapa buku atau satu buku, hendaknya kamu juga mempraktekkan atau melatih kreativitas kamu dengan menulis. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang mampu hilangkan stress lho! Gimana? tertarik untuk menulis? Kamu bisa menulis yang ringan-ringan atau topik yang kamu sukai misal artikel atau tulisan tentang aktivitas kamu sehari penuh, dan nantinya tulisanmu semakin berkembang seiring bacaan yang kamu baca.

 

 

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]