[Review Buku] Dark Matter: Novel Sci-Fi Fenomenal

Pernah gak sih kalian tenggelam dalam alur cerita sebuah novel? kalau belum, kalian wajib baca novel terjemahan bergenre Sci-Fi yang satu ini.

Mengisahkan seorang yang bernama Jason Dessen yang merupakan dosen fisika di  universitas. Ambisinya menjadi seorang ilmuwan harus dikubur karena selain ia kehabisan dana penelitian, ia juga lebih mementingkan keluarga.

Ia memiliki seorang istri bernama Daniela dan satu anak yang diberi nama Charlie. Daniela adalah seorang seniman, dahulu ia juga memiliki ambisi untuk hidup menjadi seniman terkenal, sebelum akhirnya ketika memiliki anak, ia mencoba meredam keegoisannya dan memilih menikah dengan Jason, dan hal itu membatasinya dan menjadikan hanya sebagai seniman lokal.

Review Buku Dark Matter

Dari dua paragraf di atas pasti anda mengira buku ini akan menceritakan kehidupan seorang keluarga, bila tebakan saya benar... saya rasa kalian terlalu cepat menilainya. Tapi memang tidak sepenuhnya salah...

Review Buku Dark Matter Karya Black Crouch

Identitas Buku

Judul: Dark Matter
Genre: Science Fiction (Sains Fiksi)
Penulis: Blake Crouch
Tahun Terbit: 2016
Penerbit: Noura
Jumlah halaman: 462
Daftar Pustaka: Crouch, B. (2016). Dark Matter (J. Effendie, Trans. M. Lubis Ed.). Jakarta: Noura.

Sinopsis

Apakah kau bahagia dengan hidupmu?

Pernahkah kau bertanya-tanya bagiamana jika seandainya kau mengambil pilihan yang berbeda?

Suatu malam tanpa firasat apapun Jason Dessen diculik. Sesuatu disuntikan ke tubuhnya. DIa mendapati dirinya terbangun di dunia yang berbeda. Di sana istrinya bukanlah istrinya dan anaknya tak pernah terlahir sama sekali. Di sana dia bukanlah dosen fisika biasa, melainkan genius terkenal yang telah melakukan hal-hal istimewa. Di sana segalanya tampak sama, sekaligus berbeda. Ke mana kehidupan yang lama? Bagaimana caranya agar dia bisa kembali?

Hanya itulah yang Jason inginkan; kembali ke keluarga yang dicintainya, tempat dia merasa bahagia. Namun perjalanan menuju kesana demikian berliku dan menakutkan, melebiihi imajinasi terliarnya.

Review Buku

Buku ini memiliki premis "Bagaimana rasanya ketika terbangun dan mengetahui bahwa realitas yang kita ketahui, berbeda dengan realitas saat ini? Bagaimana kau tidak mengenal duniamu ini dan terus mencerna apa yang sebenarnya terjadi."

Yap dari premis dan juga sinopsis di atas kita sudah sedikit dapat mencerna bahwa terdapat suatu problematik yang tidak terduga, yang menghampiri tokoh central.

Buku ini akan memberikan nafas kemisterian, bagaimana tokoh central yang bernama Jason mencoba mencari cara untuk dapat kembali ke kehidupan sebelumnya, dan terus berfikir untuk mengenal siapa dirinya sebenarnya.

Kalian akan merasakan bagaimana buku karangan Blake Crouch ini benar-benar membenamkan kalian dalam alurnya. Bahwa kalian seolah tidak ingin cerita ini berakhir dan terus membaca.

Imajinasi kalian akan dimaiNkan oleh buku fenomenal satu ini. Maka tak salah bila buku ini meraih penghargaan Goodreads Choice Award Nominee for Science Fiction dan juga Book of the Month Book of the Year Award Nominee pada tahun 2016 lalu.

Dark Matter sebagai novel bergenre Sci-Fi, masih sangat recommended untuk dibaca saat ini, meskipun umurnya sudah 6 tahun berdasarkan waktu pertama kali terbit pada tahun 2016.

Secara keseluruhan membaca Dark Matter sampai tuntas memerlukan waktu sekitar 6 jam, jadi pastikan waktu kalian cukup luang untuk menamatkan buku menarik satu ini.

Jika ingin menjadikan buku Dark Matter sebagai bahan kajian penelitian, mungkin akan sangat direkomendasikan jika dikaji melalui pendekatan objektif maupun struktural.

Beberapa Review dari Penulis Terkemuka

"Luar biasa, sebuah kisah petualangan yang seru dan ditulis dengan ahli; tentang cinta, penyesalan dan superposisi kuantum. Sudah lama sekali sejak sebuah cerita berhasil menenggelamkanku dan membuatku terus membalik halaman seperti yang dilakukan novel ini" Andy Weir, penulis The Martian.

"Wow, aku menyelesaikan Dark Matter dalam sekali duduk dan meletakannya dengan perasaaan terpesona dan terkagum-kagum. ALurnya cepat, cerdas, membuat kecanduan, dan membuat novel paling kreatif yang pernah kubaca setelah sekian lama. Cerita thriller yang sangat membekas." Tess Gerritsen, penulis seri Rizzoli & Ishles.

"Bukan sekedar hiburan, tapi sebuah penelitian provokatif terhadap alam, semuanya dibungkus dalam satu paket kisah fiksi-sains yang genius. Ku tantang kalian untuk berhenti membacanya, karena ku yakin kalian tidak akan bisa." Justin Cronin, penulis Trilogi Passage.

"Blake Crouch sekali lagi membuktikan bahwa dirinya adalah seorang ahli. Alur yang tanpa henti, karakter-karakter yang memesona dan konsep keseluruhan yang tanpa cela, dalam intens; untuk akhir yang mengejutkan dan menghantamu dengan memuaskan. Barry Eisler, penulis seri John Rain.

Penilaian

(+) Cover: 7.5
(+) Story: 9.0
(+) Curiosity: 9.5
(+) Moral Value: 8.0
(+) Legibility: 8.5
(+) Overall Rating: 8.5

Penilaian tersebut bersifat objektif yang subjektif, karena dinilai dengan tidak membandingkan dengan karya serupa sehingga objektif, namun juga didasarkan oleh pengalaman pribadi dalam menikmati bacaan tersebut sehingga juga bersifat subjetif.

Buat kalian yang ingin membaca buku Dark Matter, bisa membeli ebook dan buku fisiknya melalui Gramedia ataupun juga toko buku favorit kalian. Namun jika ingin membacanya secara online kalian dapat membacanya melalui link berikut ini.

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
© Tweet Ilmu. All rights reserved. Edited by Tweet Ilmu