6 Kebaikan Buah Semangka Yang Bagus Untuk Tubuh. Bisa mengurangi Kolesterol!

Admin Tweet Ilmu

 

Image by valeria_aksakova on Freepik

Siapa yang tidak suka buah semangka? Buah semangka atau Citrullus lanatus termasuk salah satu buah yang banyak digemari banyak orang. Rasanya yang segar dan manis enak untuk dimakan langsung atau dijadikan olahan seperti jus.

Buah semangka sendiri memiliki berbagai manfaat dan kebaikan yang berguna untuk tubuh. Berikut 6 ulasan kebaikan buah semangka:

1. Menghidrasi tubuh

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air yang tinggi ini membantu menghidrasi tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Dengan kata lain, mengkonsumsi buah semangka sama dengan membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

2. Sumber antioksidan

Tahukah kamu bahwa semangka mengandung senyawa likopen. Nah, senyawa likopen ini merupakan sejenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai kerusakan karena radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam semangka ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, atau penyakit degeneratif lainnya.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Selanjutnya, semangka mengandung serat makanan yang dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan hingga mencegah sembelit. Kandungan serat ini juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu menjaga berat badan mu, lho!

4. Baik untuk kesehatan kulit

Selain rasanya yang segar dan manis, buah semangka juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, lho. Buah semangka mengandung vitamin A dan C yang dapat menjaga kesehatan kulitmu. Selain itu, buah semangka mengandung asam amino yang dapat memproduksi kolagen pada kulit dan senyawa anti inflamasi yang mengurangi peradangan pada kulit mu.

5. Mengurangi Kolesterol

Seperti yang disebutkan di atas, buah semangka mengandung serat yang tinggi serta rendah lemak jenuh. Hal ini baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Jika tubuhmu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Baik untuk kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Kandungan yang tak kalaf baik yang dimiliki oleh buah semangka adalah kolin. Kandungan kolin yang terdapat dalam buah semangka dapat menjaga kesehatan otak dan sistem saraf tubuh manusia.

 Nah, demikian beberapa kebaikan buah semangka yang berguna bagi kesehatan tubuh mu. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya, ya!

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]