6 Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara Buruk

Admin Tweet Ilmu

Image by DCStudio on Freepik


Jakarta - Akhir-akhir ini, Jakarta dan sekitarnya tengah dihadapkan dengan masalah kualitas udara yang sangat buruk. Sangking parahnya, udara kotor di Jakarta mengganggu jarak pandang dengan munculnya kabut. Polusi udara kotor ini juga dapat berdampak pada kesehatan manusia yang sangat serius.

Nah, upaya untuk mengatasi polusi udara ini perlu melibatkan kerjasama berbagai kalangan mulai dari pemerintah, industri, masyarakat bahkan individu. Karena itu, kamu harus mengetahui beberapa cara untuk melindungi diri dari polusi dan udara kotor!

1. Gunakan Masker Saat Berada di Luar Ruangan

Pandemi COVID-19 memang telah berakhir, namun sebaiknya kamu tetap menggunakan masker saat berada di luar ruangan, apalagi jika tengah berada di Jakarta. Menggunakan masker dapat menjadi langkah dasar untuk melindungi diri dari menghirup udara kotor yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Pastikan untuk menggunakan masker yang nyaman dan dapat menyaring udara kotor yang terhirup oleh organ pernapasan. Selain itu, kamu juga bisa memakai masker yang berasal dari kain dengan dilengkapi filter.

2. Kurangi Aktivitas di Udara Terbuka

Kalau kamu tidak mempunyai urusan atau agenda penting di area udara terbuka, sebaiknya kamu tetap memilih berada didalam ruangan. Dengan membatasi aktivitas diluar ruangan terbuka, maka kamu juga melindungi diri polusi udara yang sangat meresahkan.

3. Perbaiki Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Karena kamu disarankan untuk memperbanyak melakukan aktivitas dari dalam ruangan, maka kamu harus memastikan kualitas udara di dalam ruangan juga, ya. Pastikan ruangan yang kamu tempati memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari penumpukan polutan dalam ruangan. Kamu juga dapat menggunakan penjernih udara di dalam ruangan.

4. Cek dan Pantau Kualitas Udara

Selalu cek indeks kondisi dan kualitas udara di daerah sekitarmu. Pastikan untuk selalu update informasi atau berita terkait polusi udara. Hal ini sangat berguna untuk membantu kamu melakukan pencegahan jika tingkat polusi sedang tinggi.

5. Edukasi diri sendiri dan orang sekitar

Penting untuk membekali diri sendiri dan orang sekitar terkait informasi mengenai polusi udara, bahaya dan cara mencegahnya. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan masalah ini, maka akan semakin besar pula kemungkinan adanya perubahan yang lebih baik.

6. Jaga lingkungan kamu berada

Lingkungan dimana kamu tinggal juga bisa membantu mengurangi dampak dari polusi udara, lho. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman. Letakkan tanaman di dalam ruangan agar membantu meningkatkan kualitas udara yang baik disekitarnya secara signifikan.

Selain itu, hindari kebiasaan membakar sampah, ya. Asap dari hasil pembakaran sampah tersebut dapat mengganggu kualitas udara serta membahayakan saluran pernapasan.

Nah, dengan mengikuti dan melakukan tips diatas kamu bisa melindungi diri dari polusi udara kotor. Selain melindungi diri, sebaiknya kamu juga mengambil langkah untuk menurunkan tingkat polusi udara di Jakarta.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]