Publish Or Perish: Software Pencari Jurnal Akademik

Publish or Perish merupakan software yang dapat dimanfaatkan seorang peneliti untuk mengakses publikasi ilmiah dengan spesifikasi topik tertentu.

Sebagai seorang peneliti tentunya memerlukan pijakan rujukan sebagai modal penelitian agar tidak keluar jalur dari kaidah keilmuan.

Dengan mencari dan membaca jurnal yang telah terbit, selain menambah wawasan juga tentunya meyakinkan kita bahwa penelitian yang hendak dilakukan menunjang aspek kebaruan.

Publish Or Perish

Terlebih kepada para mahasiswa yang baru saja terjun ke dunia per-jurnal-an, jelas... sering mendengar ocehan dosen tentang rujukan, rujukan dan rujukan.

Biasanya dosen berkata:

"Buatlah makalah dengan minimal 5 rujukan Jurnal Sinta 3!"

Atau

"Buatlah sebuah penelitian, kemudian tuangkan ke dalam bentuk Jurnal Penelitian dengan turut serta merujuk Jurnal lain dengan dengan jumlah sekian"

Nah biasanya para mahasiswa akan mencari tuh yang namanya Jurnal di mesin pencari google.

Misal mencari jurnal tentang hukum perdata, pasti keyword yang dituliskan begini:

Download Jurnal Hukum Perdata

Atau

Jurnal Hukum Perdata PDF

Yah gak salah sih, dan pasti ketemu, cuma dari sekian banyak jurnal yang disajikan google, tidak semuanya sesuai dengan apa yang kita harapkan.

"Kita punya harapan, tapi keadaan punya kenyataan"

Maka penting bagi seorang peneliti, baik yang pemula atau bahkan yang sudah advanced untuk menjunjung tinggi yang namanya efektifitas.

"Lantas bagaimana caranya?"

Kalian perlu nihh kenalan dengan software yang satu ini, namanya Publish or Perish.

Mengenal Publish Or Perish

Publish Or Perish sebenarnya bukan barang baru, software ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, oleh Anne-Wil Harzing, ia adalah Profesor bidang Manajemen Internasional di Universitas Middlesex, London.

Seiring berjalannya waktu, software ini terus dimaksimalkan performanya oleh pengembang, tercatat 8 kali pengembang melakukan rilis versi hingga tahun ini.

Lalu kemudian muncul pertanyaan..

"Bang softwarenya gratis atau berbayar nihh?"

Eits tenang, Publish or Perish merupakan software open source, sehingga dapat kalian download dan akses tanpa harus membayar. Selain itu software ini pun minim iklan hard-selling. Jadi sangat nyaman digunakan.

Akan tetapi bila kalian ingin mendukung software ini agar tetap tersedia secara gratis, kalian juga bisa loh memberikan donasi.

Di samping itu tampilan interface (antarmuka) Publish or Perish pun cukup simpel, sehingga tidak membuat bingung para pengguna.

Ukurannya yang kecil, memungkinkan software ini dapat berjalan dengan sangat smooth, alias tidak bikin laptop nge-hang, dan pastinya ramah terhadap local storage.

Fitur-Fitur Publish or Perish

Berikut merupakan fitur andalan software Publish or Perish:

  1. Menampilkan penghitungan jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti.
  2. Menampilkan penghitungan indeks hirarkis (h-index) seorang peneliti.
  3. Menampilkan penghitungan indeks citasi (i10-index) seorang peneliti.
  4. Mengkomparasi publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dengan publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh peneliti lain dalam bidang yang sama.
  5. Menampilkan publikasi ilmiah yang paling sering diterbitkan oleh seorang peneliti.
  6. Mengekspor hasil analisis publikasi ilmiah ke dalam file CSV atau Excel.
  7. Tampilan interface yang friendly, mudah digunakan dan intuitif.
  8. Menampilkan sumber sitasi yang paling banyak digunakan oleh seorang peneliti.
  9. Menampilkan jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda.
  10. Menampilkan jumlah citasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti
  11. Menampilkan jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam waktu tertentu.
  12. Mengidentifikasi jumlah sitasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam periodewaktu tertentu.
  13. Mengidentifikasi jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dalam periode waktu tertentu.
  14. Mengidentifikasi jumlah sitasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dalam periode waktu tertentu.
  15. Mengidentifikasi jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda (misalnya, jurnal internasional, jurnal nasional, konferensi internasional, dan konferensi nasional).
  16. Mengidentifikasi jumlah sitasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda.
  17. Mengidentifikasi jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda dalam periode waktu tertentu.
  18. Mengidentifikasi jumlah sitasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda dalam waktu tertentu
  19. Mengidentifikasi jumlah publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda dengan subjek yang berbeda (misalnya, bahasa, kebudayaan, sosiologi, dan Seni)..
  20. Mengidentifikasi jumlah sitasi yang telah diperoleh oleh publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dalam jurnal ilmiah yang berbeda dengan kategori yang berbeda dengan subjek yang berbeda.

Kegunaan Publish Or Perish

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa software ini mampu merayapi ribuan jurnal pada topik dan keyword tertentu.

Sehingga para peneliti dapat dengan mudah mengakses sumber rujukan yang dibutuhkan.

Cara Penggunaan Publish or Perish

Cara penggunaan Publish or Perish pun mudah, pasca install, pengguna hanya perlu melakukan pencarian jurnal dan membatasi hasil yang diperoleh dengan memanfaatkan fitur filter.

Sehingga, pengguna yang juga peneliti dapat mengakomodasi kebutuhan rujukan yang hendak dicari, berdasarkan, judul jurnal, keyword jurnal, tahun penerbitan, hingga nama penulis jurnal.

Biasanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit bagi Publish or Perish untuk mengumpulkan 1000 judul penelitian (jurnal) berdasarkan input pencarian yang dikehendaki sebelumnya.

Setelah filter pencarian telah ditetapkan dan juga hasil pencarian telah muncul, pengguna dapat memilih, apakah langsung ingin mendownload jurnal tersebut melalui menu open full text version atau pengguna juga dapat mengunjungi terlebih dahulu laman web jurnal kampus tempat hasil penelitian itu dipublikasikan dengan memanfaatkan menu open publisher's version.

Kelebihan Publish or Perish

  1. Memudahkan seorang peneliti dalam menganalisis dan mengevaluasi publikasi ilmiah yang telah diterbitkan sebelumnya.
  2. Mampu merayapi data publikasi yang tersedia di Google Scholar, Crossref, PubMed, OpenAlex, Scopus, Semantic Scholar, dan Web of Science.
  3. Mendukung gaya penulisan seperti APA, Chicago, CSIRO, Harvard, MLA, dan Vancouver.
  4. Memungkinkan penggunanya untuk membandingkan publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh seorang peneliti dengan peneliti lainnya dalam bidang yang sama.
  5. Memungkinkan pengguna untuk mengetahui jurnal ilmiah yang paling sering diterbitkan oleh seorang peneliti.
  6. Memungkinkan pengguna untuk mengekspor hasil analisis publikasi ilmiah ke dalam file CSV atau Excel, BibText, ISI, JSON, dan RIS.
  7. Antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif.

Kelemahan Publish or Perish

  1. Software ini terbatas pada penggunaan data publikasi yang tersedia di Google Scholar, Crossref, PubMed, OpenAlex, Scopus, Semantic Scholar, dan Web of Science, sehingga tidak semua publikasi ilmiah yang telah diterbitkan, akan tercatat dalam aplikasi ini.
  2. Tidak semua data publikasi yang tersedia di Google Scholar, Crossref, PubMed, OpenAlex, Scopus, Semantic Scholar, dan Web of Science dapat di unduh secara gratis.
  3. Indeks hirarkis (h-index) dan indeks citasi (i10-index) yang dihitung oleh aplikasi ini mungkin tidak sesuai dengan data sitasi yang dihitung oleh lembaga akademik atau organisasi lainnya.
  4. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga pengguna yang tidak menguasai Bahasa Inggris perlu sedikit beradaptasi
  5. Memerlukan koneksi internet untuk dapat mengakses.

Download Publish Or Perish

Nah buat temen-teman yang ingin mencoba langsung software ini, kalian bisa mendownloadnya langsung melalui tautan dibawah.

Publish or Perish

Bila ada hal yang kurang jelas, segera tanyakan di kolom komentar, dan mari diskusikan bersama, atau kalian juga bisa langsung menghubungi admin dengan mengakses halaman kontak.

Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]