Cerpen: Detektif Adam

serangkaian perampokan terjadi, menyebabkan ketakutan dan kegelisahan di antara penduduk kota. Kepala polisi, bertekad untuk menangkap pelakunya

Artikel ini akan menghadirkan sebuah cerita pendek mengenai seorang detektif yang berhasil membongkar kejahatan yang terstruktur.

Cerita pendek ini diperuntukan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Cerpen Detektif Adam
Ilustrasi: Sander Sammy (Unsplash)

Ada sebuah kota kecil di Islandia bagian Selatan. Kota tersebut terkenal dengan angka tindak kejahatan yang minim. Orang-orang di sana hidup damai dan harmonis, dan kepolisian setempat tidak banyak berbuat.

Namun, suatu hari, serangkaian perampokan terjadi, menyebabkan ketakutan dan kegelisahan di antara penduduk kota. Kepala polisi, bertekad untuk menangkap pelakunya, dan kemudian menugaskan detektif terbaiknya, Adam, untuk memimpin penyelidikan.

Adam pun terjun ke dalam kasus ini, dimulai dengan mewawancarai korban dan saksi, serta mengumpulkan bukti. Ia segera mengetahui bahwa perampokan dilakukan oleh sekelompok remaja yang bosan dan mencari sensasi. Adam menangkap para remaja itu dan mereka diadili. Penduduk kota merasa lega bahwa kejahatan telah diselesaikan dan rasa aman mereka telah dipulihkan.

Namun, Adam tidak bisa menghilangkan rasa penasarannya, karena menurutnya kasus ini janggal dan bahwa ada sesuatu yang lebih dalam yang sedang terjadi. Adam terus menyelidiki dan akhirnya menemukan lingkaran politisi korup yang telah menggunakan para remaja untuk melakukan kegiatan ilegal mereka. Adam menangkap para politisi dan mereka juga diadili.

Kota itu kaget karena korupsi seperti itu bisa ada di negara mereka yang tampaknya sangat indah dan minim tindak kejahatan. Namun, berkat kerja keras Adam yang tak kenal lelah, keadilan kembali ditegakkan dan kota dapat bergerak maju dengan rasa percaya yang diperbarui kepada para pemimpin mereka dan sistem penegakan hukum yang berlakuA

Sejak hari itu, Adam dielu-elukan sebagai pahlawan dan persentasi tingkat kejahatan kota kembali menuju angka yang nyaris 0%. Orang-orang hidup dalam damai dan harmoni, terlebih setelah mengetahui bahwa ada orang yang akan melindungi mereka dari orang yang akan menyakiti mereka.

Latihan Soal

  1. Analisislah cerita pendek tersebut untuk menemukan unsur intrinsiknya!
  2. Sebutkan tema yang sesuai dengan cerita pendek di atas!
  3. Sebutkan amanat yang kamu dapatkan dari cerita pendek di atas!

Kirimkan jawabanmu ke alamat email admin, dengan cara mengakses halaman kontak. Bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan, mari diskusikan bersama melalui kolom komentar.

Tag:

  • Cerpen tentang detektif
  • Cerpen tentang polisi
  • Cerpen tentang misteri

Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]