Puisi Tentang Pancasila, Beserta Analisisnya

Kali ini saya akan membagikan sebuah puisi yang saya ciptakan khusus ketika saya hendak mempresentasikan hasil diskusi mengenai Pancasila Sebagai Sistem Etika

Tweetilmu.web.id - Kali ini saya akan membagikan sebuah puisi yang saya ciptakan khusus ketika saya hendak mempresentasikan hasil diskusi mengenai Pancasila Sebagai Sistem Etika.

Puisi Tentang Pancasila, Beserta Analisisnya

Pancasila

Karya : Naufal Al Rafsanjani (21 Oktober 2019)

Pancasila merupakan sebuah dasar negara,
Bukan sekedar kata tanpa makna.

Pancasila merupakan kepribadian bangsa,
Yang tentu syarat akan etika.

Pancasila diraih dengan perjuangan,
Bukan sekedar pajangan di pojok ruangan.

Tapi mengapa banyak dari kita yang mengganggu keperkasaan garuda,
Seolah tak percaya, karena mungkin kurang bahagia.

Marilah rekan mahasiswa kita raih cita-cita bangsa,
Sebagai modal menuju Indonesia Sejahtera.

Analisis Puisi Pancasila Melalui Pendekatan Mimetik

Pendekatan mimetic merupakan pendekatan karya sastra melalui keterkaitannya dengan realita atau kenyataan, dalam hal ini saya akan uraikan maksud dari puisi diatas.

Kita semua tau bahwasannya Pancasila merupakan Dasar negara Indonesia, Pancasila sendiri diambil dari cerminan kehidupan bangsa Indonesia pada masa itu, isi teks Pancasila mengandung makna yang tentunya berkaitan dengan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun sayang, kini seolah Pancasila hanya sebuah pajangan di pojok-pojok ruang kelas, yang sama sekali dikesampingkan bahkan tidak dipandang. Hal tersebut tentu tercermin dari kehidupan masyarakat Indonesia yang semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila.

Bahkan ada yang mencoba menggantikannya dengan ideologi lainnya, dengan alasan Pancasila sudah tidak berguna, dan ideologi yang dibawanya lebih sempurna, Katanya…

Baca Juga: Puisi Tentang Upaya Mempertahankan Bahasa Indonesia, Beserta Analisisnya

Baca Juga: [Jurnal] Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi

Padahal yang salah bukanlah Ideologi atau dasar negaranya, tapi kita lah sebagai rakyat yang masih belum paham akan filsafat Pancasila, masih sering menyeleweng dan berperilaku menyimpang.

Oleh karena itu saya ingatkan kembali kepada rekan mahasiswa maupun para pelajar untuk fokus dalam belajar sekaligus mengembangkan diri, agar menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Itulah analisis dan juga puisi mengenai pancasila, semoga mendapatkan wawasan baru dan ilmu yang bermanfaat, jika ada hal yang ingin ditanyakan, mari diskusikan bersama melalui kolom komentar.

Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

2 komentar

  1. Puisinya bagus dan menarik banget, aku suka!!!😁
    1. Terima kasih telah mengapresiasi puisi buatan saya
Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]