5 Cara mudah tingkatkan kreativitas siswa dalam belajar

Admin Tweet Ilmu

 

Image by Freepik

Kreativitas siswa merupakan kemampuan yang harus diasah secara rutin, kreativitas sendiri adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan gagasan atau sesuatu yang baru secara orisinil yang bersumber dari pemikirannya. Kreativitas juga dapat diartikan sebagai aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu pandangan yang baru mengenai suatu bentuk permasalahan dan tidak dibatasi pada hasil yang pragmatis (selalu dipandang menurut kegunannya) dan prooses kreativitas bukan hanya sebatas menghasilkan sesuatu yang bermanfaat saja, meskipun sebagian besar orang yang kreatif hampir selalu menghasilkan penemuan, tulisan, maupun teori yang bermanfaat.

 Dalam kegiatan belajar, kreativitas sangat membantu untuk memperdalam pemahaman karena dengan menggunakan pemikiran kreatif maka sudut pandang yang kita miliki beragam dan dengan hal itu kita berpotensi menemukan proses pembelajaran yang baru. Dengan mengembangkan sisi kreativitas siswa dalam belajar juga dapat menumbuhkan kemampuan dalam pemecahan masalah.

 Nah, simak beberapa cara mudah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar:

 1. Membuat ruang diskusi

Sebagai seorang pengajar atau guru yang baik, sebaiknya saat kita menerapkan kreativitas belajar pada siswa sudah seharusnya kita membuat ruang diskusi untuk siswa agar mereka mendapatkan tempat menyalurkan pendapat. Dengan begitu siswa diajarkan untuk berpikir kritis sejak dini.

2. Memberi lingkungan yang penuh suportif (dukungan)

Dengan memberikan lingkungan yang mendukung maka siswa merasa diberi ruang kreativitas lebih luas dalam melakukan pembelajaran. Jadi, hal ini merupakan salah satu langkah efektif untuk menumbuhkan tingkat kreativitas siswa.

3. Mendorong eksplorasi siswa dalam belajar

Untuk hal ini, maka guru dapat menjadi sosok contoh kepada siswa untuk terus mengeksplor pembelajaran dengan cara yang menarik, misalnya memberi praktek langsung ke alam untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan praktek datang langsung ke galeri seni saat pembelajaran seni budaya dan program pembelajaran lainnya.

4. Mendorong siswa menemukan solusi dari permasalahan

Di sini peran guru untuk menjadi tokoh atau peran yang dapat menjadi contoh langsung untuk para siswa. Guru dapat mencontohkan pada siswa untuk mendapatkan solusi yang tepat dari masalah yang ada saat pembelajaran, misalnya mencari jalan tengah dari diskusi atau pendapat yang dibicarakan secara kelompok.

5. Memberi pujian dan dukungan

Pentingnya memberikan pujian dan dukungan sebagai cambuk semangat dan siswa merasa diapresiasi atas perubahan dan peningkatan dalam belajar.

 

 

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]