Cara Mudah Meminjam Buku Di Perpustakaan Nasional

Baru pertama kali ke Perpusnas tapi bingung bagaimana caranya meminjam buku? Berikut merupakan langkah yang harus dilakukan

Perpustakaan Nasional merupakan tempat yang mesti kalian kunjungi jika kalian merupakan warga Jakarta dan sekitarnya.

Saya sendiri pertama kali ke perpustakaan nasional yang bertempat di Jl. Medan Merdeka Selatan ini pada Maret 2018, atau 6 Bulan setelah gedung perpustakaan tertinggi se-Asia Tenggara ini diresmikan. Dan sudah puluhan kali berkunjung, hingga pada akhirnya saya menulis artikel ini.

Karena Perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara ini bukan hanya menyediakan fasilitas baca melalui koleksi buku yang melimpah, melainkan juga menjadi tempat yang nyaman untuk berdiskusi.

Meminjam-buku-diperpusnas
Perpustakaan Nasional

Selain itu, buat para freelancer, ataupun juga para pekerja WFA, bisa memasukkan Perpusnas sebagai daftar tempat ternyaman.

Selain kondusif, perpustakaan nasional juga menyediakan sambungan internet Wifi yang dapat digunakan secara gratis.

Baca Juga: Rekomendasi Spot Menarik Di Perpusnas

Tapi dalam artikel ini, kita tidak akan membahas mengenai fasilitas. Karena hal tersebut akan saya bahas di artikel lainnya.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai langkah yang harus kalian lakukan untuk dapat meminjam koleksi (buku) di Perpustakaan Nasional.

Pastikan Kalian Memiliki Kartu Anggota

Hal pertama yang paling penting yang perlu dipersiapkan untuk dapat meminjam koleksi adalah memiliki kartu anggota.

Kartu anggota sendiri dapat kalian dapatkan secara gratis dengan cara medatangi Layanan Kepustakaan Perpustakaan Nasional yang terletak di lantai 2. Kalian dapat mengakses lantai 2 melalui lift, dan juga eskalator.

Kartu anggota sendiri juga memberikan manfaat lain seperti halnya bebas akses layanan monograf tertutup (berisi koleksi buku langka dan hanya bisa dibaca ditempat) dan juga layanan Multimedia yang berada di Lt 19 untuk dapat mengakses komputer secara gratis.

Saya menyarankan untuk datang lebih awal ketika hendak membuat kartu anggota, karena pembuatan kartu anggota perpusnas dibatasi per harinya.

Pergi Ke Lt 21 ataupun Lt 22 Untuk Meminjam Koleksi

lt-21-perpusnas Opac-Perpsunas

Setelah kalian mendapatkan kartu anggota, silakan mengunjungi layanan monograf terbuka yang terdapat di lt 21 dan lt 22.

Kalian bisa memanfaatkan komputer yang tersedia untuk menemukan nomor panggil dan ketersediaan buku yang hendak kalian baca ataupun pinjam.

Jika penggunaan komputer tersebut penuh atau antre, sebetulnya kalian juga dapat mencari koleksi buku beserta nomor panggilnya dengan cara mengakses halaman web Opac Perpusnas.

Layanan Koleksi Anak, Lansia dan Disabilitas

Bagi kalian yang membawa anak, dan hendak membaca dan juga meminjam koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Nasional. Maka kalian perlu mengunjungi Lantai 7 yakni Layanan Koleksi Anak, Lansia dan Disabilitas.

Di sana terdapat ribuan judul buku yang dapat dinikmati dan juga dibawa pulang ke rumah. Tempatnya pun dibuat senyaman mungkin bagi kehadiran anak, lansia dan penyandang disabilitas.

Sekaligus menjadi wadah yang ideal bagi para orangtua untuk mengenalkan literasi melalui koleksi buku kepada anak sedari dini.

Cari Buku Berdasarkan Nomor Panggil

Nah jika sudah mendapat nomor panggil, selanjutnya ketelitian anda dibutuhkan untuk mencari dimana posisi itu berada.

Kalian bisa menanyakan kepada Pustakawan yang berada di lantai tersebut, untuk memberitahukan letak rak buku berdasarkan nomor panggil yang kalian cari.

Atau kalian juga dapat menelusuri sendiri dari rak satu ke rak lainnya.

Lantai 21 dan 22 Perpustakaan Nasional dihubungkan oleh tangga, sehingga kalian tidak perlu repot-repot menggunakan lift untuk berpindah dari lantai 21 ke 22 dan sebaliknya.

Tata Cara Meminjam Buku Di Perpustakaan Nasional

Jika buku yang hendak kalian pinjam sudah ditemukan, bawa buku tersebut ke Pustakwan yang berada di lantai tersebut dan katakan bahwa kalian ingin meminjam buku tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan kartu anggota.

Letak meja pustakawan di Lt. 21 berada di tengah sehingga keluar dari lift langsung terlihat, sementara pada Lt. 22 pustakawan berada di deretan sebelah kiri dari arah lift dan atau berada di tengah bila kalian mengakses tangga transit dari lt 21 ke lt 22.

Proses pendataan peminjaman biasanya tidak lebih dari satu menit.

Jika kebetulan petugas tersebut tidak ada di tempat, kalian juga bisa memanfaatkan mesin/anjungan peminjam buku otomatis yang letaknya tidak jauh dari posisi petugas tadi.

Caranya: letakan semua buku yang hendak kalian pinjam di atas mesin/anjungan tersebut (biasanya semua instruksi dapat terlihat jelas di mesin tersebut)

Pepanjang Masa Peminjaman Koleksi Buku Perpusnas
Pepanjang Masa Peminjaman Koleksi Buku Perpusnas

Kemudian tempelkan kartu dan tekan pinjam. Dan jangan lupa cetak bukti peminjaman jika kalian ingin mendapatkan bukti peminjaman koleksi.

Untuk anggota pemula, biasanya durasi pinjam 7 hari dan masa pinjam dapat diperpanjang sebanyak satu kali.

Kalian dapat memperpanjang masa pinjam dengan cara datang langsung ke Perpustakaan dan hubungi pustakawan yang berada di lt 21 maupun 22.

Atau kalian juga dapat melakukannya secara online dengan cara login melalui laman web keanggotaan online perpusnas dan lakukan perpanjangan masa pinjam.

Perpanjangan dapat dilakukan H-1 sebelum masa pinjam koleksi jatuh tempo, jadi pastikan kalian mencatat kapan buku tersebut harus dikembalikan.

Sebagai informasi tambahan, bahwa setiap kalian meminjam koleksi, dan mengembalikannya tepat waktu, maka kalian akan diganjar poin.

Dan poin tersebutlah yang nantinya akan memberikan benefit lebih kepada anggota perpusnas seperti halnya jumlah peminjaman koleksi yang dapat ditingkatkan dari yang semula 3 hingga 8 koleksi dan juga durasi masa pinjam buku yang relatif lebih lama.

Secara lebih rinci, point dan rewards yang secara kolektif akan didapatkan pengguna seperti tertuang melalui penjelasan tabel di bawah ini.

Gulirkan tabel ke kiri maupun ke kanan untuk melihat lebih jelas bila diakses melalui tampilan mobile

No.
Kriteria
Akumulasi Poin
1 Satu kali peminjaman buku Penambahan 5
2 Pengembalian buku tepat waktu Penambahan 6
3 Terlambat mengembalikan buku Pengurangan 5
4 Buku yang dikembalikan rusak Pengurangan 6
5 Buku yang dipinjam hilang Pengurangan 7
6 Tidak aktif meminjam selama satu bulan Pengurangan 1

No. Nama Reward Range Point Penambahan Buku Pinjam Penambahan Hari Pinjam
1 Non Bintang
0-50
0
0
2 Bintang 1
51-100
+1
+1
3 Bintang 2
101-150
+2
+2
4 Bintang 3
151-200
+3
+3
5 Bintang 4
201-250
+4
+4
6 Bintang 5
251-300
+5
+5

Tata Cara Meminjam Buku Di Layanan Monograf Tertutup

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, bahwa tidak semua buku yang berada di perpusnas bisa dipinjam untuk dibawa pulang. Beberapa diantaranya hanya bisa dinikmati untuk dibaca ditempat.

Layanan Monograf Tertutup sendiri terletak di Lt 12 dan Lt 12A. Kedua lantai tersebut dihubungkan oleh anak tangga, sehingga kalian tak perlu repot-untuk naik lift hanya untuk berpindah lantai layanan tersebut.

Untuk meminjam koleksi di Layanan Monograf Tertutup, sudah pasti kalian memerlukan yang namanya kartu anggota.

  • Kalian wajib mencari buku yang hendak kalian pinjam melalui komputer yang sudah disediakan.
  • Kemudian cari koleksi berdasarkan judul, atau nama penulis, atau nama penerbit, dll.
  • Jika sudah ketemu buku yang kalian cari, silakan klik pinjam dan tempelkan kartu anggota anda di mesin scan yang letaknya berada di setiap stand komputer yang kalian gunakan.
  • Ulangi langkah di atas, hingga semua buku yang hendak kalian pinjam sudah terdata.
  • Kemudian serahkan kartu anggota kalian kepada pustakawan yang berada di Lt 12 maupun Lt 12A.
  • Tunggu beberapa saat hingga nama kalian dipanggil dan itu tandanya buku yang hendak kalian pinjam sudah tersedia.
  • Kalian bebas membaca koleksi monograf tertutup di kedua lantai tersebut dan ingat bahwa koleksi tersebut tidak boleh di baca di luar dari layanan monograf tertutup apalagi di bawa pulang.

Tata Cara Mengembalikan Koleksi Buku Yang Di Pinjam Di Perpusnas

Untuk mengembalikan buku yang kalian pinjam, kalian dapat mendatangi lt 21 maupun 22 dan serahkan buku tersebut ke petugas yang berada di sana, dan katakan bahwa anda ingin mengembalikan buku.

Atau cara simpelnya, kalian dapat mengembalikan buku melalui anjungan pengembalian mandiri (bookdrop) yang terletak di lt 1. Persisnya alat tersebut berada di sebrang ATM dan juga berada di sebelah kiri dari arah pintu masuk utama.

Tanyakan kepada petugas, jika kalian ragu mengenai letaknya

Letak Koleksi Novel Di Perpustakaan Nasional

Buat kalian para pecinta cerita fiksi dan penasaran dengan letak koleksi tersebut, poin yang terakhir ini wajib sekali kalian baca.

Koleksi novel fiksi, bisasanya berada di Lt 22. Jika kalian naik lift, kalian hanya perlu berjalan ke arah kanan, melewati deretan komputer dan taaaraaaa..

Kumpulan novel dengan berbagai genre dapat kalian nikmati baik secara on the spot maupun di bawa pulang.

Baca Juga: Rekomendasi Novel Yang Wajib Dibaca Di Perpusnas

Tapi jangan lupa lakukan proses peminjaman ya sobat, karena jika tidak, sensor yang berada tidak jauh dari lift akan berbunyi, jika kalian membawa buku tersebut tanpa melewati proses peminjaman seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]