Menilik Yang Menarik Dari Kamera Analog di Era Kamera Digital

Admin Tweet Ilmu


Image by Freepik

Jakarta - Kamera analog yang dikenal dan populer  pada masa lalu ternyata masih eksis hingga kini. Bagi sebagian orang, merekam momen adalah kegiatan penting, karena kadangkala kita perlu untuk mengabadikannya dalam bentuk fisik berupa gambar. Dewasa kini kamera sebagai alat perekam momen memang sudah banyak perubahan menuju ke arah yang lebih praktis. Jika dulu dalam memotret satu gambar saja kita perlu menunggu lama, namun dengan kemajuan teknologi pada masa kini, hanya dengan menekan satu tombol saja gambar sudah terekam.

 

Tapi, yang kini menjadi pertanyaan bagaimana kamera analog tetap eksis, di zaman yang sudah melahirkan kamera lebih canggih dan praktis? Maka dari itu, mari kita tilik beberapa pernyataan yang bisa menjadi alasan kenapa orang-orang masih memilih kamera analog di era kamera digital.

1. Kamera analog ini bisa dibilang rumit tapi bikin nagih

Bagi sebagian orang sebuah foto yang dihasilkan melalui proses rumit seperti dalam jepretan kamera analog, justru akan menghadirkan kepuasan tersendiri. Jika dalam kamera digital gambar akan tersaji secara langsung, namun berbeda dengan kamera analog yang harus melalui proses panjang sebelum kita bisa melihat hasil dari jepretannya. Dengan itu, tidak jarang ada juga yang mengatakan bahwa bermain kamera analog sama artinya dengan menguji kesabaran tapi malah nagih untuk dimainkan.

2. Fisik kamera analog memiliki daya tarik tersendiri

Bicara soal kamera analog, kalau anak-anak jaman sekarang menyebutnya sebagai kamera yang memiliki bentuk estetik. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa kamera digital juga ada yang memiliki bentuk hampir serupa dengan kamera analog, tapi tetap saja bagi para pecintanya tampilan kamera analog memiliki nilai lebih di mata mereka.

3.Belajar memilih momen terbaik sebelum merekam

Jika dalam kamera digital kita tidak dibatasi untuk melakukan jepretan sebanyak apapun, asalkan memorinya memiliki ruang yang cukup semua jepretan tertampung di sana. Tapi berbeda dengan kamera analog, pada kamera ini para penggunanya memiliki batas jepretan dalam satu roll film dan hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi pengguna agar mampu memilih dan lebih peka dalam mengambil momen mana yang akan diabadikan.

4. Hasil fotonya yang artistik

Seperti yang kita tahu bahwa kamera analog memiliki karakter foto yang kuat dan berbeda dengan kamera digital. Pada kamera analog kita bisa melihat hasil foto yang artistik secara alami tanpa tambahan efek dari aplikasi apapun. Hal tersebut menjadi nilai tambah seni sehingga orang-orang memilih kamera analog sebagai alat mereka dalam menangkap momen.

Itulah beberapa alasan kenapa banyak orang pada masa kini masih setia menggunakan,kamera analog sebagai alat untuk menangkap momen. Jika kalian salah satu pecintakamera analog, apa yang membuat kalian bertahan di era gempuran kamera digital?

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]