Pembalut vs. Menstrual Cup, Apa Perbedaannya?

Admin Tweet Ilmu

 

Image by user18526052 on Freepik

Ketika datang waktu menstruasi, sudah pasti perempuan akan membutuhkan benda yang dapat membantu menampung darah menstruasi yang keluar. Nah, seiring perkembangan zaman, ada banyak pilihan yang bisa digunakan. Diantaranya tampon, pembalut kain, atau menstrual cup. Lalu, apa kekurangan dan kelebihan tiap benda tersebut ya?

1. Kelebihan dan kekurangan Pembalut sekali pakai

Untuk kebanyakan perempuan, penggunaan pembalut sekali pakai sudah sangat lekat. Namun, terdapat kekurangan dan kelebihan dari penggunaan pembalut sekali pakai.

Terbuat dari bahan penyerap cairan seperti kapas dan polimer menjadikan pembalut sekali pakai lebih praktis dibandingkan pilihan lainnya. Kamu tidak perlu kerepotan untuk mencuci pembalut yang telah digunakan. Pembalut sekali pakai juga memiliki harga yang cukup terjangkau serta sangat mudah ditemukan. Selain itu, pembalut sekali pakai tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan.

Selain kelebihannya, pembalut sekali pakai juga memiliki kekurangan. Beberapa bahan yang terdapat pada pembalut bisa menyebabkan alergi atau gatal-gatal pada area penggunaan. Selama menstruasi, daerah sekitar vagina menjadi lembab dan sangat rentan akan iritasi. Selain itu, penggunaan pembalut sekali pakai tidak ramah akan lingkungan. Sisa penggunaan pembalut akan berakhir pada tempat sampah.

2. Kelebihan dan kekurangan Menstrual Cup

Berbeda dengan pembalut sekali pakai, menstrual cup bekerja dengan cara menampung darah menstruasi. Menstrual cup terbuat dari bahan silikon yang elastis dan fleksibel. Untuk menggunakannya, kamu cukup memasukkan menstrual cup kedalam vagina.

Jika pembalut hanya dapat digunakan sekali pakai, maka kamu bisa menggunakan menstrual cup berkali-kali setelah dicuci. Terbuat dari bahan yang aman, menstrual cup tidak menyebabkan vagina menjadi kering dan dapat menjaga bakteri baik yang terdapat di dalam vagina. Yang paling penting, penggunaan menstrual cup ini ramah lingkungan karena tidak menyisakan sampah setelah penggunaannya.

Namun, disamping beberapa kelebihan menstrual cup, kebanyakan perempuan masih merasa kurang nyaman ketika menggunakan menstrual cup. Penggunaannya yang harus dimasukkan kedalam vagina bisa menyebabkan iritasi jika salah memasangnya. Kemudian, menstrual cup membutuhkan perawatan dan penjagaan yang higienis dan baik. Jika tidak, menstrual cup akan menimbulkan bakteri dan penyakit.

Nah, itulah kekurangan dari pembalut sekali pakai dan menstrual cup. Terlepas dari apapun pilihanmu, menjaga kebersihan vagina adalah hal yang utama. Pertimbangkan setiap produk berdasarkan kebutuhan mu, ya!

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]