6 Jenis Bahan Dapur Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Admin Tweet Ilmu

 

Image by Freepik

Jakarta - Selain menjadi bahan masakan,bumbu dapur juga bisa digunakan sebagai obat tradisional yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Mengingat banyak sekali bumbu dapur di dunia, khususnya yang digunakan di Indonesia, membuat banyak orang sulit untuk membedakan berbagai macam bahan dapur yang ada. Berikut adalah beberapa bahan dapur dan manfaatnya simak penjelasan berikut ini!

1. Buah Pala

Buah pala memiliki sifat anti inflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare. Bukan hanya itu, buah pala adalah tumbuhan rempah yang memiliki beragam manfaat lainnya. Seperti daging buah pala dapat diolah menjadi manisan, asinan, selai bahkan sirup. Sedangkan biji buah pala dapat digunakan untuk perut kembung atau pembekakan akibat terbentur.

Cara membuatnya sangat mudah hanya dengan menghaluskan buah pala, lalu tempelkan pada anggota tubuh yang ingin diobati.

2. Kencur

Tidak lagi terdengar asing, kencur adalah bumbu dapur yang sering digunakan oleh pecinta makanan seblak karena kencur adalah bahan utama yang diperlukan dalam makanan seblak. Namun kencur juga banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk dan meredakan peradangan.

Cara mengelolanya cukup mudah, kamu hanya perlu memarut kencur sampai halus, kemudian tuangkan secukupnya air hangat, lalu saring dan air nya siap diminum. Hal ini bisa kamu ulangi setiap hari hingga kamu sembuh.

3. Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu bumbu dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan yang jarang diketahui banyak orang. Namun tak hanya itu kayu manis juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan lain-lain.

Cara membuatnya, kamu cukup menyediakan 3-6 batang kayu manis, lalu rebus dengan 450 ml air hingga mendidih.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang kaya akan manfaat nya, seperti yang kita ketahui mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi bau badan, mengatasi flu, mencegah penyakit kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, bahkan meredakan sakit gigi dan lain-lain.

Misalnya, untuk mengobati pada gigi berlubang, kamu hanya perlu mengambil 1 buah bawang putih, lalu belah menjadi 2 bagian, kemudian masukan ke dalam gigi berlobang tersebut.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan. Jeruk nipis juga mengandung banyak manfaat, antara lain seperti dapat menyembuhkan penyakit Ambeien, jeruk nipis juga bisa meredakan Amandel yang menyerang tenggorokan, kemudian juga bisa menyembuhkan batuk, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit dan lain-lain.

Salah satu cara mengkonsumsi jeruk nipis pada gejala batuk cukup mudah, kamu hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu campurkan 1 bagian perasan air jeruk nipis dengan sedikit kecap asin, ulangi langkah ini setiap hari jika perlu.

6.Garam

Selain menjadi bahan pengawet alami, garam juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu sistem pencernaan. Garam dipercaya dapat membantu pencernaan karena garam bisa merangsang enzim pencernaan klorida dan protein yang dapat membantu pencernaan. Garam juga bisa mengatasi sakit gigi dan diare.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan garam adalah dengan cara mengambil 1 sendok teh garam, lalu seduhkan dengan air hangat, kemudian kumur-kumur. Lakukan langkah ini berulang kali hingga sakit gigi terasa berkurang. Ada pun cara mengobati diare, kamu cukup mengambil sedikit garam dan sedikit gula, lalu seduhkan dengan air hangat kemudian diminum.

Itulah 6 bahan dapur yang bermanfaat bagi kesehatan atau mengatasi permasalahan penyakit yang kamu alami, jika kamu mengalami salah satu penyakit yang telah disebut di atas, kamu dapat mencoba bahan dapur yang sesuai untuk mengobati penyakit yang sedang kamu alami, semoga membantu.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]