Sederet Makanan Khas Yang Harus Dicoba Saat Berlibur ke Bali

Admin Tweet Ilmu


Jakarta - Bali memiliki julukan sebagai Surga Dunia karena memiliki keindahan alam dan pesona budayanya yang luar biasa menarik banyak hati wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain beragam tempat wisata dan budaya yang menawan, Bali juga mempunyai banyak makanan khas yang dimasak dengan berbagai paduan bumbu rempah khas Bali.

 

Image by jcomp on Freepik

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Bali, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Bali berikut ini, ya!

1. Sate Lilit

Sate lilit merupakan sate yang beda dari kebanyakan sate yang ada di Indonesia. Jika sate pada umumnya adalah daging yang dipotong menjadi bagian kecil dan ditusuk, berbeda dengan sate lilit. Sate satu ini adalah olahan daging giling yang dikepalkan pada batang serai dan dibakar.

 Olahan daging yang digunakan biasanya berasal dari ikan maupun daging babi. Rasanya yang gurih akan lebih nikmat jika diberikan campuran kelapa parut pada daging sate lilit.

 2. Ayam Betutu

Selanjutnya adalah Ayam Betutu. Makanan khas Bali satu ini dulu hanya disajikan pada saat upacara keagamaan saja. Namun kini bisa dijumpai hampir di setiap sudut Bali, nih. Bukan hanya ayam, tapi tersedia juga bebek betutu.

 Berbagai campuran rempah-rempah khas Bali dan melewati beberapa proses memasak, ayam betutu ini akan lebih nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat dan ditambah sambal matah khas Bali.

 3. Nasi Campur Bali

Berbeda dari nasi campur lainnya, nasi campur Bali dihidangkan dengan lauk khas Bali yang dimasak dengan bumbu rempah khas seperti ayam suwir betutu, telur, sayuran, dan sate lilit. Porsi nasi campur ini pun beragam, mulai dari pake biasa hingga paket komplit.

 4. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo adalah nasi bungkus dengan porsi kecil dan disandingkan dengan lauk pauk khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang. Bukan hanya nikmat, nasi khas Bali ini juga cukup terjangkau tergantung dari jenis lauk yang kamu pilih. Lauk nasi jinggo yang bisa kamu coba pilih mulai dari sapi, cumi, telur, ikan pindang, hingga babi.

 5. Sate Plecing

Selain sate lilit, kamu juga bisa mencicipi sate plecing saat berkunjung ke Bali. Keunikan sate satu ini terletak pada bumbunya yang menghasilkan rasa pedas, asam, dan gurih. Perpaduan bumbu plecing yang dibuat dari terasi, tomat, kemiri, dan bawang putihlah yang membuat rasa sate ini begitu nikmat.

 6. Nasi Babi Guling

Nah, makanan khas bali satu ini tidak kalah terkenalnya. Sejak tahun 2011, hidangan Babi guling ini sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO. Rasa gurih dihasilkan dari bumbu base genep dan daun ketela yang diisi didalam perut babi sebelum dimasak. Seperti namanya, babi guling dimasak dengan cara diputar-putar hingga kulitnya berubah menjadi kecoklatan dan berkilap.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]