5 Cara Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Mudah Diterapkan

Admin Tweet Ilmu
Image by Freepik

 Jakarta Belakangan ini, gaya hidup ramah lingkungan tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Namun lebih dari sekedar tren, gaya hidup ramah lingkungan memang benar-benar harus diterapkan oleh semua masyarakat. Pasalnya pencemaran lingkungan terus terjadi dan meningkat. Oleh karena itu, bumi membutuhkan kebiasaan baik agar tetap lestari.

 Yuk simak,,Inilah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dengan mudah!

 1. Menerapkan sistem 3R sehari-hari

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan adalah dengan menerapkan sistem 3R dalam kehidupan sehari-hari.

 Gaya hidup 3R mencakup reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi pemakaian), dan recycle (mendaur ulang).

 2. Menggunakan tas belanja sendiri

Sampah menjadi masalah yang sangat serius untuk lingkungan. Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

 Ada banyak cara agar kamu dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, salah satunya dengan membawa tas belanja sendiri atau memakai tas yang berasal dari bahan daur ulang.

 3. Membawa botol minum sendiri

Membawa botol minum sendiri adalah langkah yang sangat baik untuk lingkungan. Selain mengurangi sisa sampah plastik bekas botol minum, kamu juga bisa lebih berhemat dengan membawa botol minuman sendiri.

 Sekarang juga tersedia berbagai macam botol minum yang bagus dan menarik yang menjadi tren bagi kalangan anak muda. Jadi kamu bisa ikut menjaga lingkungan dan join the trend sekaligus!

 4. Mendukung sustainable fashion

Tahukah kamu kalau pakaian yang terbuat dari kandungan serat sintetis akan lebih sulit terurai. Limbah pakaian dan tekstil ini dapat mencemari tanah dan menumpuk di tempat pembuangan.

 Untuk itu, kamu dapat mempertimbangkan kembali sebelum membeli pakaian. Utamakan kualitas bahan yang tahan lama dan ramah lingkungan tentunya.

 5. Menghemat penggunaan Listrik

Selanjutnya, gaya hidup ramah lingkungan lainnya ialah dengan menghemat penggunaan listrik. Mematikan lampu pada saat siang hari atau mengurangi penggunaan AC secara terus menerus akan membantu pengurangan emisi karbon, lho.

 Nah, itulah 5 gaya hidup ramah lingkungan yang kamu bisa terapkan dengan mudah sehari-hari. Ada banyak cara lainnya, yang terpenting kamu berniat baik untuk menjaga bumi!

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]