Cara Membangun Kebiasaan Baik Yang Berdampak Positif

Admin Tweet Ilmu
Image by Pressfoto on Freepik

Kebiasaan baik merupakan dasar hidup yang sehat, bahagia dan produktif. Membangun kebiasaan positif bukanlah tugas yang mudah, namun dengan tekad dan disiplin yang tepat maka kebiasaan itu dapat dicapai. Pada artikel kali ini, Kami akan membahas beberapa insight buat kamu dalam menerapkan kebiasaan baik yang akan berdampak positif pada hidup. Berikut langkah yang harus kamu pahami dan praktekkan:

 1. Tujuan yang jelas

Langkah pertama untuk membentuk kebiasaan baik adalah memiliki tujuan yang jelas. Pikirkan tentang apa yang ingin kamu capai dengan kebiasaan yang dibangun. Apakah itu  gaya hidup yang lebih sehat,  produktif, atau meningkatkan kualitas hubungan sosial kamu? Tujuan yang jelas akan memberikan motivasi yang kuat untuk membiasakan diri.

  2. Langkah kecil yang harus kamu mulai

Kesalahan umum yang dilakukan adalah mencoba melakukan perubahan besar sekaligus. Mulailah dengan langkah kecil yang bisa kamu pertahankan. Misalnya, jika kamu ingin mengembangkan kebiasaan berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki  15 menit sehari, lalu tingkatkan secara bertahap.  Konsistensi adalah kunci, kebiasaan baik terbentuk melalui konsistensi. Usahakan untuk melakukan rutinitas kamu setiap hari pada waktu yang sama. Hal ini tentunya akan membantu kamu dalam mengasah otak.

 3. Motivasi positif

Beri diri kamu penguatan positif ketikaberhasil melakukan suatu kebiasaan. Itu bisa berupa hadiah kecil atau sekadar  pujian. Motivasi positif akan memperkuat kebiasaan yang kamu lakukan.

 4. Rencana cadangan

Kamu mungkin menemui kendala atau situasi yang mengganggu rutinitas. Kembangkan rencana darurat untuk mengatasi situasi ini. Hal ini akan membantu kamu tetap pada jalurnya.

 5. Lihat perkembangan diri sendiri

Selalu melihat kemajuan pada diri sendiri, misalnya dengan mencatat apa yang telah kamu capai dan apa yang perlu kamu evaluasi jika perlu melakukan penyesuaian.

6. Berpikir positif

Dengan memberi kebiasaan berpikir positif maka  akan membantu kamu melihat  kebiasaan positif. Saat menerapkan kebiasaan baik yang berdampak positif, penting untuk diingat bahwa ini adalah perjalanan yang berkelanjutan. Tidak ada kesuksesan yang instan. Dengan kesabaran dan tekad, maka kelak kamu akan mampu membangun kebiasaan tersebut agar berdampak positif pada hidup.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]