4 Dampak Positif Teknologi Untuk Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis!

Admin Tweet Ilmu

Image by Freepik

Teknologi semakin maju pesat dan menuntut manusia untuk terus berpikir secara kritis dan logis. Kritis yang dimaksud di sini adalah tidak termakan oleh beberapa konten dan berita yang belum diketahui secara detail dan apakah berita dan konten tersebut hanya untuk hiburan dan fiktif belaka atau nyata.

 Berita hoaks atau berita yang tidak diketahui sumbernya, informasi yang dikemas masih menggantung dan tidak ada data yang relevan maka jangan asal percaya dan menyebarluaskannya. Jadi, dengan era digital dan berkembangnya teknologi secara cepat maka membuat pikiran manusia terus berkembang dan menerima banyak informasi sehingga kita dituntut untuk menyaring informasi-informasi tersebut dengan data yang mendukung dan terbukti kebenarannya.

 Berikut beberapa dampak positif dar teknologi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis:

 1. Peluang belajar online

Dengan hal ini tentunya manusia dimudahkan dalam mengakses berbagai macam kegiatan berbasis online seperti kursus online, webinar, dan program pelatihan dari berbagai lembaga pendidikan dan instruktur di seluruh dunia. Dengan hal tersebut maka kita diberi kesempatan untuk memperdalam pemahaman berbagai topik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis kita.

 2. Keterampilan kritis dan bijak dalam penggunaan sosial media

Seperti yang dikatakan pada bagian awal bahwa teknologi bisa saja menghambat dan memberi dampak negatif, namun jika kita berpikir kritis maka media sosial sering kali memiliki dampak negatif, mereka juga dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis maka secara tidak langsung mengasah kemampuan kita dalam memilah informasi yang baik dari yang buruk.

 3. Memudahkan komunikasi ke segala arah

Dengan adanya akses internet yang semakin mudah maka kita sudah tak perlu repot seperti zaman dahulu untuk bertukar kabar seperti dengan surat dan lainnya. Sebab di zaman sekarang berbagai akses komunikasi telah diciptakan oleh para ahli dan orang yang mengerti teknologi terbarukan.

 4. Berpikir kreatif dan inovatif

Dengan berkembangnya teknologi maka kita juga dituntut untuk terus membangun ide-ide cemerlang, kreatif dan inovatif. Saat ini sangat mudah mengakses segala hal dan topik yang ingin kita dalami, tentu hal ini berbeda dengan zaman dahulu karena keterbatasan informasi dan akses yang tidak semudah saat ini.

Jadi, teknologi sangat berpengaruh dalam membuat perubahan manusia ke arah yang lebih baik asal manusianya juga menggunakan teknologi dengan bijak dan cermat.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]