Tantangan Media Cetak Di Era Gempuran Media Digital, Begini Cara Adaptasinya!

Admin Tweet Ilmu

Image by Freepik

Dalam gempuran era teknologi seperti saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa peran media cetak semakin luntur karena semakin berkembangnya media digital. Media digital dapat diartikan sebagai informasi yang dibagikan melalui perangkat atau layar digital. Media digital adalah segala bentuk media yang bergantung pada perangkat elektronik dalam segala aspek pembentukan hingga hasilnya.

Adapun bentuk dari media digital sendiri saat ini yang dapat kamu lihat seperti video game, video, website, media sosial, iklan online, dan lain sebagainya. Dengan canggihnya media digital banyak orang yang beralih dari penggunaan media cetak ke digital. Hal ini tentunya menjadi ancaman tersendiri untuk media cetak, terlebih akses yang mudah dan berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh media digital.

Lantas, adakah cara membuat media cetak tetap dapat mempertahankan esksistensinya? Kita tak pernah tau, namun ada beberapa cara agar media cetak dapat beradaptasi dengan kehadiran media digital seperti saat ini. Berikut beberapa tips agar media cetak naik kembali:

 1. Membangun prinsip digital

Media cetak sangat perlu untuk memahami kehadiran media digital dengan baik, misalnya kamu bisa pelajari tentang beberapa media digital yang saat ini berkembang pesat seperti situs web yang responsif, aplikasi seluler, dan platform media sosial lainnya. Pastikan konten yang kamu kulik jjuga mudah diakses dan dinavigasi secara online.

2. Membuat konten atau tulisan yang lebih menarik

Tentunya dengan membuat tulisan dan konten-konten yang menarik serta bermutu, maka media cetak lambat laun dapat beradaptasi dengan perkembangan media digital.

 3. Monetisasi digital

Dalam hal ini, peran media cetak harus mulai melihat berbagai peluang seperti iklan online, berlangganan digital, atau penjualan e-book. Media cetak harus mencari sumber pendapatan baru di dunia digital.

4. Memahami analitik atau grafik

Media cetak juga perlahan harus mempelajari arus atau grafik penggunaan media digital yang semakin berkembang pesat, hal ini bertujuan agar kelak media cetak mampu melakukan perkembangan dan berkolaborasi dengan media digital.

Baca Juga:

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]