10 Hal Yang Mesti Kamu Hindari Dalam Hidup

Alih-alih berubah menjadi pribadi yang lebih baik, seringkali seseorang justru terkungkung pada penghakiman terhadap diri sendiri. lalu harus gimana?

Belakangan "kedewasaan" menjadi hal yang teramat mahal dalam hidup. Banyak faktor yang mempengaruhi kedewasaan seseorang, mulai dari faktor internal yang datangnya dari dalam diri seperti kondisi emosional dan kebijaksanaan dalam menentukan prespektif, maupun juga faktor eskternal yang berkaitan dengan lingkungan, interaksi sosial dan bahkan interaksi di dunia maya.

Dari kedua faktor tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu digrasibawahi yang seringkali menjadi penyebab pribadi seseorang justru semakin jauh dari yang namanya "kedewasaan".

23 Hal Yang Mesti Kamu Hindari Dalam Hidup
Unsplash Sherman Yang

Alih-alih berubah menjadi pribadi yang lebih baik, seringkali seseorang justru terkungkung pada penghakiman terhadap diri sendiri atas masalah yang tengah terjadi.

Kita perlu mengingat apa yang diucapkan oleh Maria Robinson.

"Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending. (Maria Robinson)"

Dari kutipan tersebut kita dapat maknai bahwa tidak seorang pun dari kita yang dapat kembali ke masa lalu dan memulai hal yang baru, yang dapat kita lakukan adalah dengan memulai hari ini dan menciptakan akhir yang baru.

Sebelum kalian mengaktualisasikan apa yang diutarakan oleh Maria Robinson, terdapat beberapa poin yang mesti kalian hindari dalam hidup, karena potensial menjadi penghambat kedewasaan pola pikir. Berikut adalah ulasannya:

1. Berhenti menghabiskan waktu dengan orang yang salah

Hidup ini  terlalu singkat untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang menyerap kebahagiaan dari kamu. Jika seseorang menginginkan kamu dalam hidupnya, pasti dia akan memberikan ruang kok dan menempatkanmu di tempat ternyaman sesuai dengan kehendaknya.

Kamu tidak harus memaksa untuk mendapatkan tempat. Ingat bahwa, jangan pernah meminta perhatian seseorang yang terus menerus mengabaikan kamu.

Dan teman sejati bukan mereka yang disisimu hanya saat kamu dalam kondisi terbaikmu, tapi mereka yang berdiri di sampingmu saat kamu dalam kondisi terburukmu .

2. Berhenti lari dari masalahmu

Hadapi mereka secara langsung. Tentu tidak ada yang bilang bahwa hal ini akan mudah. Kita tidak seharusnya bisa menyelesaikan masalah secara instan. Terlebih, kita dibuat kesal, jengkel, sedih, putus asa, bahkan sakit hati.

Karena sebetulnya itu adalah bagian dari langkah kita menuju tujuan hidup di depan sana yang tentu saja perlu dihadapi.

Masalah > Belajar > Beradaptasi > dan menyelesaikannya sepanjang waktu. Hal inilah yang pada akhirnya membentuk kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

3. Berhenti membohongi diri sendiri

Hidup kita akan jauh lebih baik ketika kita mengambil kesempatan, dan kesempatan pertama dan tersulit yang dapat kita ambil adalah jujur terhadap diri sendiri.

4. Berhentilah menempatkan kebutuhan Anda sendiri di belakang kompor

Hal yang paling menyakitkan adalah kehilangan dirimu sendiri dalam proses terlalu mencintai seseorang, dan melupakan bahwa kamu juga spesial. Ya, membantu orang lain; tapi bantu dirimu juga. Jika pernah ada waktu untuk mengikuti hasrat Anda dan melakukan sesuatu yang penting bagi Anda, saat itu adalah sekarang.

5. Berhentilah mencoba menjadi seseorang yang bukan dirimu

Salah satu tantangan terbesar dalam hidup adalah menjadi diri sendiri di dunia yang mencoba menjadikan Anda seperti orang lain. Seseorang akan selalu lebih cantik, seseorang akan selalu lebih pintar, seseorang akan selalu lebih muda, tetapi mereka tidak akan pernah menjadi Anda. Jangan berubah agar orang menyukaimu Jadilah dirimu sendiri dan orang yang tepat akan mencintai dirimu yang sebenarnya.

6. Berhentilah mencoba berpegang pada masa lalu

Kamu tidak akan bisa memulai bab berikutnya dalam hidup, jika kamu terus menerus hanya membaca ulang bab terakhir yang kamu tulis. Maksudnya ialah, kita akan 

7. Berhentilah merasa takut untuk melakukan kesalahan

Melakukan sesuatu dan melakukan kesalahan setidaknya sepuluh kali lebih produktif daripada tidak melakukan apa-apa. Setiap kesuksesan memiliki jejak kegagalan di belakangnya, dan setiap kegagalan mengarah pada kesuksesan. Anda akhirnya menyesali hal-hal yang tidak Anda lakukan jauh lebih banyak daripada hal-hal yang Anda lakukan.

8. Berhentilah mencaci diri sendiri karena kesalahan lama.

Kita semua membuat kesalahan, bergumul, dan bahkan menyesali hal-hal di masa lalu kita. Tetapi Anda bukanlah kesalahan Anda, Anda bukanlah perjuangan Anda, dan Anda berada di sini sekarang dengan kekuatan untuk membentuk hari dan masa depan Anda. Setiap hal yang pernah terjadi dalam hidup Anda sedang mempersiapkan Anda untuk momen yang akan datang.

9. Berhentilah mencoba membeli kebahagiaan

Banyak hal yang kita inginkan harganya mahal. Tapi sebenarnya, hal-hal yang benar-benar memuaskan kita adalah cinta yang bebas, tawa, dan mengerjakan hasrat kita.

10. Berhentilah mencari kebahagiaan orang lain

Jika kamu tidak bahagia dengan diri kamu yang sebenarnya, niscaya kamu juga tidak akan bahagia dalam hubungan jangka panjang dengan orang lain. Kamu harus menciptakan stabilitas dalam hidup kamu terlebih dahulu, sebelum kamu dapat membaginya dengan orang lain.


Baca Juga:

Tentang Penulis

Hidup adalah untaian makna dari kata yang ditulis semesta

Posting Komentar

Mari kita diskusikan bersama...
Gunakanlah kata-kata yang sopan, dengan tidak menggunakan unsur-unsur kekerasan, sara, dan menyudutkan seseorang. Terima Kasih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
[]