UYmJLCizCo2ZTQJP06dFQPoA3AYXIznXlgFMCQ7t

Tips Membangun Sebuah Blog Dengan Hanya Menggunakan Smartphone

Tweet Ilmu - Akhir akhir ini ada beberapa teman yang bertanya, gimana sih cara membuat blog, lalu ada juga yang berkata, aku pengen sih berbagi pengalaman di blog pribadi, tapi aku gak punya laptop, apakah bisa ngeblog tanpa menggunakan laptop? Jawabannya tentu bisa ya... Dan tak perlu khawatir, karena perkembangan teknologi yang sangat pesat seiring berjalannya waktu, membuat apapun hal yang tadinya hanya bisa dan lebih nyaman diakses lewat laptop atau komputer, kini bisa dengan mudah kita akses melalu smartphone...
Tips Membangun Sebuah Blog Dengan Hanya Menggunakan Smartphone

Selain itu berkat kemudahan dalam berbagi informasi di era digital saat ini, membuat siapapun orang yang mau berusaha dari 0 (nol) di dunia blogging akan sangat terbantu berkat tutorial dan juga tips-tips yang beredar di dunia maya, ya contohnya blog yang kamu sedang baca ini.

Jadi pada artikel kali ini, admin mau kasih beberapa tips nih, yang akan sangat membantu kalian dalam menciptakan suatu artikel, dengan hanya bermodalkan smartphone. Nah untuk kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat artikel yang menarik, bisa baca artikel admin sebelumnya ya.

Jadi begini, dalam membangun sebuah blog, tentu hal yang kita butuhkan adalah internet, namun tenang saja, buat para sobat yang minim kuota tetap bisa kok berkarya di blog, asalkan pemakaiannya tepat guna. Nah disamping itu juga perlu memperhatikan segala aspek seo, dan juga ke originalan konten, mulai dari tulisan/isi artikelnya, sampai kepada gambar ataupun infografis yang akan mendukung informasi yang mau kalian muat, gali ataupun share ke khalayak luas.

Nah untuk mempermudah kita dalam menulis artikel, lalu juga membangun sebuah website dengan tampilan-tampilan yang keren dan juga seo melalui smartphone, tentunya dibutuhkan yang namanya aplikasi-aplikasi serta bebeeapa tools dengan segenap fiturnya, yang nantinya akan menunjang keberlangsungan artikel blog kalian, maka dari itu admin sudah merangkum beberapa aplikasi dan tools menarik yang bisa kalian gunakan dalam menunjang proses blogging dengan hanya menggunakan artikel.

1. Browser (Chrome/Firefox)

Salah satu aplikasi yang wajib dan tentunya sudah pasti dimiliki oleh kalian semua ialah, browser, namun admin menyarankan sih, browser yang kalian gunakan untuk ngeblog usahakan jangan yang aneh-aneh ya, alias yang mainstream saja seperti Chrome ataupun Firefox, jika kalian bertanya;

"kenapa harus menggunakan browser tersebut, bukankah ada beberapa browser yang lebih ringan dengan kinerja yang juga optimal?"

Begini ya sobat tweeters, mungkin terdapat ratusan aplikasi browser yang beredar di play store, namun, kedua aplikasi tersebut, baik chrome dan firefox merupakan aplikasi yang sudah tidak diragukan lagi performanya, dan dukungan developer nya itu lebih baik ketimbang aplikasi lain..

Lalu juga muncul sebuah pertanyaan;
"Bukannya sudah tersedia ya di play store aplikasi blogger yang telah dibuat oleh google, dan juga banyak sekali beberapa aplikasi serupa yang dapat menghubungkan kita dengan blog yang kita punya dengan lebih mudah?"

Ya memang ada, cuma dari pengalaman admin selama nge-blog rata rata aplikasi tersebut memiliki fitur yang terbatas, bahkan aplikasi blogger resmi yang google luncurkan pun seperti tak terurus dengan sempurna, ya jadi saya sarankan sih gaperlu download, karena kurang worth it, terkecuali kalian menggunakan platform lain untuk nge-blog, semisal: medium, wordpress, wix, weebly dst. Tentu deretan aplikasi tersebut dari segi fitur lebih lengkap, namun mempunyai ketentuan nya masing-masing.

2. PixelLab

Aplikasi yang tak kalah penting di dalam dunia blog adalah aplikasi editor foto, tentunya kita semua tau persis sudah banyak sekali aplikasi editor foto yang bertebaran di google play store, dengan berbagai macam fitur dan kegunaan yang secara garis besar sama, nah untuk itu jika kalian tidak mau menggunakan PixelLab dan memilih aplikasi lain untuk digunakan, ya tak masalah, karena poinnya disini adalah bagaimana caranya kalian dapat mengedit suatu foto yang bebas lisensi untuk kemudian kalian edit sesuai dengan selera dan setelah itu dapat kalian gunakan sebagai pemanis dari sebuah artikel yang kalian buat, dan jangan lupa, pastikan foto/gambar yang kalian edit dan mau digunakan sudah melalui tahap kompresi agar file size nya dapat ditekan seminim mungkin.

3. Lit Photo

Mungkin banyak dari kita yang menganggap asing dan belum pernah mendengar aplikasi yang satu ini, itu wajar karena masih jarang sekali rekan-rekan blogger dengan budget yang minim menemukan tools yang satu ini. Lit Photo merupakan sebuah aplikasi dengan kegunaannya yakni compress, resize maupun crop foto/gambar yang nantinya akan kita taruh di dalam sebuah artikel yang kita tulis dan biasanya gambar itu di fingsikan sebagai ilustrasi maupun informasi tambahan.

Perlu diketahui juga, bahwa mesin pencari google, akan senang dan memiliki kecenderungan menampilkan blog ataupun website yang memiliki halaman yang ringan, dan salah satu faktor yang dapat meringankan serta mempercepat loading suatu blog/website ialah gambar, artinya kalian harus memastikan bahwa sebelum kalian mengupload suatu gambar ke blog, pastikan sudah melewati proses compressing terlebih dahulu, dan salah satu tools yang admin rekomendasikan ialah aplikasi Lit Photo.

4. Droidedit

Aplikasi yang admin rekomendasi kan terakhir adalah aplikasi yang memiliki fungsi dalam mengkustomisasi template-template yang nantinya mau dipakai, dan kalian akan sangat butuh aplikasi ini, mengingat tidak semua template mudah mengkustomisasi navigasinya. Template sendiri salah satu hal yang cukup fundamental dalam sebuah blog, karena masuk kedalam jajaran indikator yang nantinya dapat memberikan rasa nyaman kepada para pembaca blog kita, dan para pembaca juga tidak akan sulit mengakses menu-menu yang ada di dalamnya.

Dan itulah 4 aplikasi yang akan membantu kalian dalam membangun sebuah blog atau website hanya melalui smartphone, jadi tak ada alasan lagi kalian bermalas-malasan dan tidak produktif, hanya karena kondisi serba kekurangan, dan kekurangan bukan sebuah hambatan kalian dalam menciptakan karya, dibekali dengan kegigihan, admin yakin, kalian bisa.

Simak informasi lainnya, dan juga beberapa ilmu yang disebarkan di blog ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Related Posts
Naufal Al Rafsanjani
Sekedar mahasiswa yang punya impian sempurna, menginterpretasi kejadian nyata ke dalam tulisan yang bermakna.

Related Posts

Posting Komentar